Rauhanda Riyantama
Pemain Persebaya memasuki lapangan untuk menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bangkalan dalam pertandingan terakhir di babak Grup Piala Gubernur Jatim 2020. (Dok. Persebaya)

Bolatimes.com - Ada perubahan jadwal pada dua laga babak semifinal Piala Gubernur Jawa Timur 2020. Perubahan tersebut terjadi setelah Asprov PSSI Jatim menggelar rapat koordinasi bersama klub semifinalis beserta jajaran kepolisian di Mapolda Jatim, Surabaya, Minggu (16/2/2020).

Hasilnya, laga semifinal pertama yang mempertemukan juara Grup B, Persija Jakarta melawan Madura United akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (17/2/2020). Kick off pertandingan ini dimulai pukul 19.00 WIB dan akan digelar tanpa penonton.

Sementara, laga semifinal kedua antara Persebaya Surabaya selaku juara Grup A kontra Arema FC sebagai runner up Grup B mengalami perubahan jadwal dan venue, serta digelar tanpa penonton. Laga ini pun ditunda sehari menjadi Selasa (18/2/2020) di Stadion Gelora Soeprijadi, Blitar pada pukul 15.30 WIB.

Baca Juga:
Saat Marcelo Tampil, Real Madrid Jadi Lebih Mudah Kebobolan

''Kami sudah melakukan pengecekan via cyber patrol. Dan ternyata situasinya tidak kondusif bila laga berlangsung di Malang,'' ujar Dirintelkam Polda Jatim, Kombespol Slamet Hariyadi, dikutip dari laman resmi Persebaya.

''Selain itu, karena laga ini bersifat single match takutnya timbul iri hati oleh salah satu pihak suporter karena berbeda dengan Liga yang berlangsung home dan away oleh karena itu kami menyarankan agar laga berlangsung di tempat netral dengan status tanpa penonton,'' imbuhnya.

Tidak hanya jajaran Polda Jatim, Kabagops Polres Malang Kabupaten, Kompol Anang Trihananta juga menyarankan agar pertandingan Arema FC lawan Persebaya tidak diselenggarakan di Stadion Kanjuruhan. Sebab duel klasik itu berdekatan dengan Pilkada.

Baca Juga:
Son Heung Min Jadi Pemain Asia Pertama yang Cetak 50 Gol di Liga Inggris

''Kami menyarankan bahwa laga Arema vs Persebaya tidak berlangsung di Malang, hal ini dikarenakan untuk menjaga kondusivitas Malang menjelang Pilkada,'' pungkas Anang.

Sementara itu, untuk babak final Piala Gubernur Jawa Timur 2020 tetap digelar pada Kamis (20/2/2020). Namun, mengenai tempat pertandingannya masih menunggu hasil semifinal antara Persebaya melawan Arema FC.

Baca Juga:
Antonio Conte Sebut Dua Gol Lazio adalah Hadiah dari Inter Milan

Load More