Rauhanda Riyantama
Ismed Sofyan saat menyaksikan pemain Deportivo Alaves berlatih. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan, terhitung sudah dua minggu menimba ilmu kepelatihan di klub Spanyol, Deportivo Alaves. Rencananya, pemain 40 tahun itu akan segera pulang ke Tanar Air pada Senin (17/2/2020).

Selama di Spanyol, Ismed mengaku mendapat banyak pengalaman dan ilmu tambahan perihal metode kepelatihan khas Spanyol. Lebih lagi ia juga berkesempatan menyaksikan salah satu pertandingan.

''Sekali lagi banyak pengalaman yang berharga kita ambil dari sini dari mereka. Dari persiapan latihan, materi latihan sampai mereka bertanding. Ini suatu hal ataupun ilmu yang sangat berharga buat bekal nantinya saat di Jakarta,'' ujar Ismed, dikutip dari laman resmi Persija.

Baca Juga:
Robert Alberts Isyaratkan Rotasi Pemain Jelang Lawan PSS Sleman

''Nonton pertandingan langsung Alaves melawan Eibar saya pikir ini pengalaman yang luar biasa. Ini ilmu yang sangat bermanfaat buat saya pribadi bisa datang ke sini, bisa melihat atmosfir pertandingan sendiri di stadion,'' imbuhnya.

Ismed juga menyoroti soal pembinaan pemain muda di Alaves. Ia menilai klub La Liga Spanyol berani mengorbitkan pemain mudanya ke tim senior, dan itu sangat bagus untuk regenerasi.

''Alaves keunggulannya banyak menciptakan pemain muda berkualitas yang bisa naik ke senior. Ini bisa dicontohkan oleh Persija. Yang terpenting Persija memiliki konsep yang lebih jelas untuk membangun akademi,'' jelas pemain 40 tahun itu.

Baca Juga:
PSSI Tambah Satu Kandidat Stadion untuk Piala Dunia U-20 2021

Sementara itu, kepulangan Ismed ke Indonesia terhitung lebih cepat dari jadwal. Rencananya pemain asal Aceh itu berada di Spanyol selama sebulan.

Akan tetapi karena pertimbangan kick off Liga 1 2020 akan bergulir akhir Februari, Ismed pulang ke tanah air lebih cepat. Hal ini dilakukan sebagai persiapan kompetisi apalagi pelatih Sergio Farias juga membutuhkan tenaganya.

Baca Juga:
Irfan Bachdim Gembira Ada Pemain Muda di TC Timnas Senior Kali Ini

Load More