Rabu, 30 September 2020
Rauhanda Riyantama : Rabu, 22 Januari 2020 | 19:00 WIB

Bolatimes.com - Bek senior Persija Jakarta, Ismed Sofyan mulai serius menatap karier sebagai pelatih jika dirinya pensiun nanti dari pesepak bola. Usai mengikuti kursus kepelatihan, Ismed pun akan berguru di klub La Liga Spanyol, Deportivo Alaves.

Meski masih aktif sebagai pemain, Ismed sudah mengantongi Lisensi B AFC. Itu didapatkannya ketika mengikuti kursus kepelatihan di Yogyakarta tahun 2019 lalu.

Kini, Ismed akan kembali memperdalam ilmu pelatihnya di Alaves. Bersama dengan dua pelatih lainnya, pesepakbola berusia 40 tahun itu akan berangkat pada 4 Februari mendatang.

"Ini momentum yang sangat bagus untuk Persija (kerja dengan Deportivo Alaves). Untuk saya juga sebagai pelajaran bagaimana melatih pemain, ini kesempatan yang baik untuk saya, bekal saya di masa depan," kata Ismed saat jumpa pers di kantor Persija, Kuningan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

"Terakhir memang saya sudah mengikuti lisensi B di Yogyakarta. Sekarang ada program dari Alaves dan disetujui oleh Ferry Paulus. ini ilmu yang sangat langka dan kesempatan ini akan saya gunakan sebaik mungkin," jelasnya.

Pemain Persija Jakarta Ismed Sofyan saat jumpa pers di Kantor Persija, Kuningan, Jakarta, Rabu (22/1/2020). (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha).

 

Melihat Ismed yang mulai serius menimba ilmu melatih, bukan tidak mungkin musim 2020 jadi karier terakhir sang pemain sebagai pesepakbola. Namun, Ismed belum mau menjawabnya.

"Terkait dengan ini musim terakhir kita lihat saja nanti," tambah mantan pemain Persiraja Banda Aceh itu.

"Saya juga akan ikut berlatih di sana (Alaves) dengan pemain-pemain di usia 19 tahun untuk jaga kondisi. Jadi tidak hanya melatih," pungkasnya.

BACA SELANJUTNYA

Liga Italia Jadi Kompetisi yang Paling Banyak Cetak Gol