Irwan Febri Rialdi
Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha menggelar jumpa pers terkait pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 di Garuda Store, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Bolatimes.com - Setelah 15 tahun vakum, Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) kembali akan menggulirkan ASEAN Club Championship pada 2020. Kejuaraan ini akan diikuti 12 klub dari negara-negara di Asia Tenggara, non Australia.

Komposisi 12 klub peserta adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam masing-masing mendapat kuota dua slot. Sedangkan Myanmar dan Singapura mendapat jatah satu slot. 

Sementara itu, wakil-wakil Filipina, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Timor Leste masih harus bertanding di babak play-off untuk memperebutkan dua tiket tersisa ke ASEAN Club Championship 2020.

Baca Juga:
Eks Pelatih Johor Darul Ta'zim Resmi Jadi Pelatih Baru PSM Makassar

Rencananya, turnamen ini akan dihelat pada Mei-November 2020. Ke-12 tim tersebut akan memperebutkan hadiah uang tunai senilai USD 500 ribu (sekira Rp 6,9 miliar). 

Lantas, siapa yang akan mewakili Indonesia di ajang ini? Ratu Tisha Destria selaku Wakil Presiden AFF menyebut Bali United dan Persebaya Surabaya.

Hal ini dikarenakan Bali United merupakan kampiun Liga 1 2019. Sementara Persebaya berhak mewakili Indonesia lantaran finis sebagai runner-up.

Baca Juga:
Soal Sepak Bola Indonesia, Indra Sjafri Ceritakan Hal Ini ke Shin Tae-yong

"Sekarang kami masih finalisasi jumlah peserta yang nantinya akan diisi oleh 12 klub. Untuk Indonesia mendapatkan dua slot, yakni juara Liga 1 2019 Bali United dan Persebaya selaku runner-up," kata Tisha.

Tisha menjelaskan, ASEAN Club Championship dipastikan tidak akan mengganggu agenda lain yang diikuti oleh tim-tim peserta. 

Bali United sendiri memang akan mengikuti sejumlah turnamen di 2020. Selain di kancah domestik, mereka akan tampil di level Asia, entah itu Liga Champions Asia ataupun Piala AFC.

Baca Juga:
Resmi Dilamar, Calon Istri Martunis Cantik Banget

"Jadwal bisa dipastikan tidak akan bentrok karena kami sudah memikirkan detil selanjutnya. Yang pasti setiap tim hanya bermain delapan kali selama satu tahun hingga final nanti," tukas Tisha.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris di Awal 2020, Ada Duel Arsenal Vs Manchester United

Load More