Rauhanda Riyantama
Shin Tae-yong resmi diumumkan sebagai pelatih baru Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

Bolatimes.com - Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memiliki kriteria sendiri sola pemain yang bakal masuk dalam skuatnya. Dalam memilih pemain, mental dan semangat tinggi menjadi kriteria utama yang dicari, bukan status pemain bintang atau naturalisasi.

Bagi Shin Tae-yong pemain naturalisasi atau tidak, semua sama. Yang membedakan setiap pemain, jika masuk dalam daftar panggilan timnas adalah kualitas. Mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku tidak suka dengan pemain egois.

Baca Juga:
Sah! Nadeo Argawinata Merapat ke Jawara Liga 1 2019

"(Pemain) tidak akan terpilih jika egois dan tidak ada mental untuk bermain demi Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

"Jika pemain rela mengorbankan dirinya pasti bisa terpilih. Selain itu tentu harus punya semangat," tambahnya.

Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong menghadiri acara perkenalan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

Shin Tae-yong dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. Pelatih berusia 50 tahun itu ditargetkan meraih hasil positif di tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan Piala AFF 2020. Selain itu, Shin Tae-yong ditugaskan membantu di timnas U-16 dan U-19.

Baca Juga:
Ingin Shin Tae-yong Cepat Beradaptasi, PSSI Siapkan Guru Les Terbaik

Sebagai langkah awal pemilihan pemain, Shin Tae-yong akan memanggil 60 pemain. Rencananya, latihan perdana timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih baru itu akan digelar di Surabaya atau Bali pada 13 Januari 2020.

Load More