Rauhanda Riyantama
Shin Tae-yong.

Bolatimes.com - PSSI resmi memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (28/12/2019). Pelatih asal Korea Selatan itu meneken kontrak berdurasi empat tahun.

Lantas, berapa jumlah nominal yang harus dibayar PSSI untuk mengikat mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu? Soal gaji, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memilih bungkam.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas, Menpora: Mari Kita Dukung Sama-sama

Namun, lelaki yang akrab disapa Iwan Bule memastikan PSSI mampu membayar juru taktik berusia 50 tahun itu untuk empat tahun ke depan.

"Untuk nilai kontrak, kami mampu berapapun harganya. Dia memilih Indonesia bukan karena uang, tapi karena dasarnya itu tadi (tertantang dengan Indonesia)," kata Iwan Bule dalam jumpa pers di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Indonesia senior yang baru Shin Tae-Yong (kedua kanan) disaksikan Wakil Ketua Umum Iwan Budianto (kanan) dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha (kiri) saat diperkenalkan ke media di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

Iwan mengatakan, agar komunikasi antara pemain dan pelatih berjalan lancar, PSSI akan menyediakan guru bahasa Indonesia untuk Shin Tae-yong. Iwan, yang merupakan mantan Kapolda Metro Jaya, ingin Shin Tae-yong memahami karakter pemain-pemain Indonesia.

Baca Juga:
Man United Menang dan Tottenham Imbang, Ini Klasemen Terbaru Liga Inggris

"Dia akan belajar bahasa Indonesia secepatnya. Saya akan kasih guru les paling bagus. Saya ingin dia beradaptasi dengan Indonesia," ucapnya.

"Dia (Shin Tae-yong) malah senang sekali. Sekarang sudah bisa bilang selamat siang dan selamat makan," pungkasnya.

Shin Tae-yong ditargetkan PSSI untuk membenahi Timnas Indonesia senior yang menelan lima kekalahan beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Selain itu, PSSI juga menargetkan gelar juara Piala AFF 2020, turnamen yang akan digelar bulan November hingga Desember tahun depan.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Malaysia Bisa Ikut Untung

Load More