Rauhanda Riyantama
Suporter timnas U-22 Vietnam memerahkan kawasan Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019) untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding di final sepak bola putra SEA Games 2019 kontra Indonesia. (Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Loyalitas suporter Vietnam patut diacungi jempol. Demi nonton laga final sepak bola SEA Games 2019 kontra Indonesia, mereka rela menyewa delapan pesawat untuk membawa mereka datang ke Filipina.

Laga Vietnam vs Indonesia sendiri akan digelar di Stadion Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12/2019) malam WIB. Duel kali ini dipastikan bakal berlangsung sengit mengingat kedua tim sama-sama sedang mengincar medali emas. 

"Pesawat-pesawat itu berangkat dari tiga kota di Vietnam yaitu Hanoi, Da Nang, dan Ho Chi Minh," ujar salah satu pendukung Vietnam, Ngo Minh Tang di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina, seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga:
Persija Didenda Rp 300 Juta, Berikut Daftar Lengkap Sanksi Komdis PSSI

Minh Tang menyebut, ada sekitar 180 orang pendukung di dalam setiap pesawat. Mereka tiba di Manila pada Selasa siang dan akan langsung kembali ke Vietnam begitu laga usai.

"Saya sendiri sengaja mengambil libur agar bisa berangkat ke Filipina," tutur Minh Tang.

Menurutnya, besaran animo masyarakat Vietnam untuk datang langsung ke Filipina semata-mata karena kerinduan medali emas dari cabor sepak bola putra. Terakhir kali mereka meraih emas pada 1959, yakni edisi pertama SEA Games ketika masih bernama Southeast Asian Peninsular Games (SEAP Games).

Baca Juga:
Boaz Solossa Kirim Doa untuk Timnas Indonesia U-22 Jelang Final SEA Games

Pemain Timnas U-22 Indonesia Andy Setyo (kanan) terjatuh saat berebut bola dengan pemain Timnas Vietnam Nguyen Tien Linh dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Rombongan suporter Vietnam sudah memadati dan memerahkan kawasan Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, Filipina sejak tiga jam sebelum laga final sepak bola putra SEA Games 2019 dimulai. Pertandingan itu sendiri berlangsung mulai pukul 20.00 waktu setempat atau 19.00 WIB.

Pendukung Vietnam, yang mayoritas tiba di lokasi pertandingan dengan menumpang bus, mengenakan seragam serupa yaitu kaus berwarna merah dengan bintang kuning di tengahnya.

Mereka juga melengkapi diri dengan pernak-pernik seperti bendera, ikat kepala, stiker, alat-alat musik dan lain-lain.

Baca Juga:
Mesut Ozil Koar-koar di Twitter usai Arsenal Menang Lagi

Laga timnas U-22 Indonesia vs Vietnam di final SEA Games 2019 akan menjadi pertemuan keempat kedua tim di sepanjang tahun 2019. Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam bersua di Piala AFF U-22 2019, Kualifikasi Piala Asia U-23 2019 dan penyisihan Grup B SEA Games 2019.

Di level SEA Games, pertandingan kedua negara di final sepak bola putra menjadi yang pertama sepanjang sejarah.

Load More