Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019). Laga ini akan menjadi duel terakhir kedua tim untuk memperebutkan medali emas.

Sebagaimana diketahui, kedua tim sama-sama sudah puasa tidak mendapat medali emas dari cabang olahraga (cabor) sepak bola sejak lama.

Indonesia sudah 28 tahun atau terakhir kali mendapat medali tersebut pada 1991 silam. Uniknya saat itu SEA Games juga berlangsung di Filipina.

Baca Juga:
Arsenal Akhirnya Menang, Berikut Klasemen Terbaru Liga Inggris 2019/2020

Oleh karenanya, ini menjadi kesempatan yang sangat bagus untuk menang di tempat yang bersejarah ini. Jika melihat ke belakang, perjalanan Pasukan Merah Putih road to final cukup mulus.

Dari lima laga di babak penyisihan grup dan satu di semifinal, Garuda Muda hanya sekali menelan kekalahan. Satu-satunya kekalahan Indonesia didapat saat berhadapan dengan Vietnam yang berkedudukan 1-2.

Total, Indonesia telah menciptakan 21 gol dan empat kemasukan. Selain itu, penggawa timnas Indonesia U-22 Osvaldo Haay berpeluang menjadi top skorer di ajang ini setelah mencetak delapan gol.

Baca Juga:
Soal Rekor Tak Terkalahkan Liverpool, Jurgen Klopp Pilih Cuek

Pelatih timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mengatakan kondisi anak asuhannya sedang dalam motivasi tinggi. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan siap memberikan yang terbaik di laga ini.

Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).

"Semua pemain siap. Tak ada yang tidak fit. Kami sudah siap untuk pertandingan ini," kata Indra Sjafri.

Mengingat tidak adanya pemain yang absen, Indra dipastikan bakal menurunkan skuat terbaiknya. Ini dikarenakan Vietnam tidak bisa dianggap remeh.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Pekan Ini: Peluang Terakhir Liverpool ke 16 Besar

Sementara di kubu Vietnam, mereka juga rindu medali emas. Bahkan, Vietnam lebih lama ketimbang Indonesia tidak mendapat gelar tersebut.

Terakhir, Vietnam memperoleh medali emas yaitu pada tahun 1959. Atau 29 terakhir edisi SEA Games 2019.

Pelatih kepala Timnas Vietnam u-22, Park Hang-seo merasa bertanggung jawab untuk membawa skuatnya meraih medali emas.

Baca Juga:
Jokowi Puji Peselancar Filipina, Netizen: Kasih Sepeda Pak!

Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo (kiri). (ANTARA FOTO / Michael Siahaan)

"Kami selangkah lagi menjadi juara. Dengan banyaknya dukungan dan cinta dari rakyat Vietnam, saya dan tim merasa bertanggung jawab untuk memberikan gelar juara SEA Games ini bagi mereka," ucap Park Hang-seo.

Oleh sebab itu, Vietnam tidak akan main-main melakoni laga final ini, Pasukan Merah Putih harus tetap waspada.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Evan Dimas, Zulfiandi, Sani Rizki; Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Vietnam U-22 (4-4-2): Bui Tien Dung; Do Thanh Thinh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Huynh Tan Sinh; Le Ngoc Bao, Trieu Viet Hung, Truong Van Thai Quy, Do Hung Dung; Nguyen Thien Linh, Ha Duc Chinh

Pelatih: Park Hang-seo

Load More