Rauhanda Riyantama
Logo Liga 1 2019. [Dok. PT LIB]

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya menaklukkan sang tamu, Bhayangkara FC dengan skor telak 4-0 pada laga pekan ke-31 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu (8/12/2019) sore WIB.

Gol-gol Persebaya pada partai ini dicetak Aryn Williams pada menit ke-25, David Da Silva (71' dan 75'), serta gol bunuh diri penggawa Bhayangkara FC, I Putu Gede Juni Antara (78').

Sejak menit pertama, tuan rumah langsung menggempur pertahanan Bhayangkara FC. Persebaya tercatat memiliki tiga peluang hanya dalam tempo 10 menit.

Baca Juga:
Kunci Praveen/Melati ke Lolos Final SEA Games 2019

Peluang pertama melalui tendangan jarak jauh M Hidayat dan Rendi Irwan, serta sontekan dari dalam kotak penalti Aryn Williams.

Pada menit ketujuh sempat dilakukan pergantian di posisi kiper Bhayangkara FC. Wahyu Tri Nugroho yang mengalami cedera digantikan Awan Setho.

Tim tamu sendiri mendapat peluang lewat Bruno Matos pada menit ke-15, setelah mengelabui dua pemain bertahan Persebaya. Sayang, kontrol yang terlalu tajam membuat kiper Persebaya, Miswar Saputra mudah menangkap si kulit bundar.

Baca Juga:
SEA Games 2019: Dua Wakil Indonesia Lolos ke Final Cabor Bulutangkis

Kebuntuan Persebaya akhirnya pecah pada menit ke-25 setelah gelandang impor berpaspor Australia, Aryn Williams melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti.

Dua menit berselang, kembali Persebaya menyerang dan nyaris memperbesar kedudukan setelah David Da Silva melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang, bola menyamping di sisi kanan gawang Bhayangkara FC.

Peluang berbahaya Bhayangkara FC diperoleh pada menit ke-36 saat Arif Setiawan melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, bola masih bisa ditepis kiper Miswar Saputra.

Baca Juga:
Rekor Baru Messi: Pencetak Hat-trick Terbanyak La Liga Spanyol

Hingga wasit Darma Santoso Gulo asal Sumatera Utara meniup peluit panjang, babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Babak kedua berjalan, Bhayangkara FC yang tertinggal berusaha menyamakan kedudukan melalui TM Ichsan. Namun, tendangannya dari jarak jauh masih tipis di sisi kiri gawang Miswar.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso kemudian melakukan pergantian dengan memasukkan Irfan Jaya untukmenggantikan Yanto Basna, yang diharapkan bisa mempertajam serangan tim tuan rumah.

Begitu juga pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster yang memainkan gelandang lincah Nur Iskandar untuk menggantikan Dendy Sulistyawan.

Kembali rotasi dilakukan Aji Santoso pada pertengahan babak kedua, dengan memainkan Alwi Slamat dan menarik keluat Rendi Irwan. Di sisi lain, Paul Munster memasukkan Wahyu Subo Seto untuk menggantikan TM Ichsan.

Persebaya sendiri sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-71 melalui sontekan David Da Silva, usai memanfaatkan umpan terukur dari Irfan Jaya.

Persebaya semakin memperbesar keunggulan pada menit ke-75, lagi-lagi melalui David Da Silva yang kali ini melakukan aksi individu dari tengah lapangan sebelum mencetak gol.

Bhayangkara FC semakin terpuruk saat pemain belakangnya, I Putu Gede Juni Antara melakukan gol bunuh diri saat berupaya menghalau umpan silang Irfan Jaya pada menit ke-78.

Pada sisa waktu pertandingan, Persebaya terus mendominasi permainan dan menciptakan sejumlah peluang. Namun, skor 4-0 tidak berubah hingga laga rampung.

Sebagai informasi tambahan, laga ini merupakan kali pertama Persebaya bermain di Stadion GBT tanpa penonton, menyusul sanksi Komdis PSSI. Persebaya dihukum akibat insiden kerusuhan usai laga kontra PSS Sleman, akhir Oktober 2019 lalu.

Di beberapa laga kandang sebelumnya, Persebaya sendiri harus bermain di Stadion Batakan, Balikpapan karena tak mendapat izin keamanan dari pihak kepolisian.

Dengan kemenangan atas Bhayangkara FC sendiri, Persebaya kini menghuni peringkat kelima klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 45 poin dari 31 pertandingan.

Persebaya secara 'direct' menyalip Bhayangkara FC, sebagaimana klub berjuluk The Guardian itu harus rela turun ke peringkat keenam dengan raihan 44 poin dari 31 laga.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra (kiper), M Syaifuddin, Otavio Dutra, Novan Sasongko, Ruben Sanadi (kapten), Aryn Williams, Elisa Basna, M Hidayat, Rendi Irwan, Diogo Campos, David Da Silva.

Pelatih: Aji Santoso

Bhayangkara FC: Wahyu Tri Nugroho (kiper), Anderson Salles, I Putu Gede Juni Antara, Adam Alis, Arif Setiawan, Bruno Matos, Dendy Sulistyawan, M Hargianto, TM Ichsan, Alsan Sanda, Herman Dzumafo (kapten).

Pelatih: Paul Munster

Hasil Liga 1 2019, Minggu (8/12/2019):

Persebaya Surabaya 4-0 Bhayangkara FC

PSIS Semarang 5-1 Arema FC

Load More