Rauhanda Riyantama
Penyerang Timnas Indonesia, Alberto 'Beto' Goncalves melakukan selebrasi usai membobol gawang Vanuatu pada laga uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019) malam. [Suara.com / Muhaimin A UNTUNG]

Bolatimes.com - Hasil buruk kembali dibukukan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Bertandang ke markas Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019), dalam pertandingan kelima Grup G, skuat Garuda menelan kekalahan dua gol tanpa balas.

Kekalahan dari Malaysia tersebut merupakan yang kelima bagi Indonesia. Sebelumnya, di empat pertandingan, Indonesia juga menelan kekalahan.

Belum meraih poin usai menelan kekalahan beruntun di lima pertandingan, Indonesia masih menjadi juru kunci Grup G. Sementara Malaysia yang mendapat tambahan tiga poin, beranjak ke posisi dua klasemen Grup G dengan sembilan poin dari lima pertandingan.

Baca Juga:
Klarifikasi Soal Poster Kritik, Mantan CEO PT PSS Sebut Itu Salah Alamat

Kalah di lima pertandingan, Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan. Yaitu menghadapi Thailand, Vietnam, dan juga Uni Emirat Arab (UEA).

Mengingat penghuni posisi dua klasemen sementara Grup G, Malaysia, mengantongi sembilan poin, secara matematis peluang Indonesia untuk melaju ke putaran berikutnya masih ada. Meski sangat tipis, atau nyaris mustahil.

Karena Malaysia juga masih mengantongi tiga laga sisa. Begitu pula dengan Vietnam yang berada di posisi pertama (11 poin) dan Thailand yang berada di posisi ketiga (8 poin).

Baca Juga:
Kalah Lagi, Indonesia Kini Dipermak Malaysia 0-2

Sedangkan UEA yang ada di posisi empat dengan enam poin, masih menyisakan empat pertandingan. Jika di laga berikutnya Malaysia meraih hasil imbang saat menghadapi UEA, Indonesia dipastikan mengubur mimpi tampil di Piala Dunia.

Pemain timnas Indonesia berpose sebelum saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman

Melihat fakta di atas, sepertinya Indonesia harus melupakan mimpi tampil di Piala Dunia dan fokus meraih poin penuh di tiga pertandingan terakhir demi satu tempat di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Meski kenyataannya, melihat posisi dan poin yang dimiliki Thailand dan UEA, peluang timnas Indonesia bisa dikatakan cukup berat.

Namun, apapun bisa terjadi dalam sepak bola dan yang paling penting sembilan poin wajib diraih di tiga laga sisa untuk menjaga asa.

Baca Juga:
Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Melawan Malaysia

Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia zona Asia [Sumber: Livescore]

Sebagaimana diketahui, kualifikasi Piala Dunia kali ini juga digunakan sebagai ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Tim yang finis di posisi tiga, atau tim berstatus peringkat empat terbaik akan tampil di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu sendiri diikuti 24 tim yang akan dibagi dalam enam grup. Artinya, masing-masing grup akan dihuni empat tim.

Empat tim di setiap grup akan memperebutkan dua posisi teratas untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan digelar di China.

Load More