Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum bertanding dengan Timnas Malaysia saat laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Bolatimes.com - Hasil buruk Timnas Indonesia masih berlanjut setelah ditaklukkan tuan rumah Malaysia dengan skor 2-0 pada matchday kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Selasa (19/11/2019).

Pada laga di Stadion Bukit Jalil, dua gol Malaysia ke gawang Indonesia diborong oleh Safawi Rasid yaitu satu gol pada babak pertama dan satu gol di babak kedua.

Dengan hasil tersebut, Indonesia gagal meraih poin di lima laganya di Grup G. Sementara Malaysia mengantongi sembilan poin dari lima laganya.

Baca Juga:
Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia Melawan Malaysia

Jalannya Pertandingan

Malaysia lebih dulu menguasai bola di awal pertandingan, sementara timnas Indonesia sempat mencoba membangun serangan namun masih gagal.

Pada menit keempat Febri Hariyadi mencoba menusuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakannya namun masih berada di atas gawang Malaysia.

Baca Juga:
Ini Kata Soekeno Tanggapi Munculnya Tagar BebaskanYudhiAtauBoikot

Malaysia mulai balik menekan pertahan Indonesia tapi masih dapat diredam para pemain belakang Indonesia.

Pada menit ke-8, Indonesia melakukan tusukan cepat ke pertahanan Malaysia namun tembakan Teuku Muhammad Ichsan setelah mendapatukan umpan dari Febri dari luar kotak penalti masih melambung.

Tak lama berselang, Malaysia mengancam setelah berawal dari sepak pojok dan sempat terjadi kemelut di depan gawang namun kiper M Ridho masih dapat mengamankan gawangnya.

Baca Juga:
Fans PSS Sleman Diperkarakan, Tagar BebaskanYudhiAtauBoikot Trending

Pada menit ke-19, serangan berbahaya dilakukan oleh Indonesia lewat Greg dan mengumpan ke Febri Hariyadi. Namun sepakan kaki kanan Febri masih dapat ditepis kiper Khairulazhan Bin Mohd Khalid.

Kiper Khairulazhan Bin Mohd Khalid sempat mendapatkan perawatan setelah serangan dari Indonesia tersebut dan akhirnya digantikan dengan Mohd Farizal Marlias di menit ke-22.

Malaysia kembali mencoba menekan pertahanan Indonesia. Pada menit ke-29, Malaysia mampu memimpin 1-0 lewat gol Safawi Rasid hasil tendangan bebasnya yang tak mampu dihalau kiper Muhammad Ridho.

Timnas Indonesia mencoba menyamakan kedudukan namun usaha Febri lewat tendangan bebasnya masih dapat digagalkan Corbain Ong Lawrence dengan sundulannya di depan gawang di menit 34.

Menit ke-36, serangan berbahaya dilakukan Indonesia setelah usaha Otavio Dutra ditepis kiper Malaysia sehingga terjadi kemelut di depan gawang Malaysia namun sepakan Greg masih mengenai kaki pemain Malaysia.

Sementara dua kali usaha pemain Indonesia membuat peluang namun masih dapat dapat diamankan kiper Farizal. Skor 1-0 bagi keunggulan Malaysia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Malaysia dan Indonesia sama sama masih mencoba membangun serangan. Hingga lima menit pertama babak kedua belum ada ancaman dari kedua tim.

Peluang Malaysia lewat sepakan Syahm dari jarah jauh masih berada di samping gawang Indonesia di menit ke-52. Lima menit berselang Yeyen menarik Greg dan memasukan Osas Saha untuk mempertajam lini depannya.

Sementara serangan - serangan yang coba dibangun Indonesia masih kandas di kaki pemain Malaysia. Tendangan langsung Osas Saha di menit ke-64 masih terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan kiper Farizal.

Menit ke-66, Yeyen Tumena menarik Septian dan digantikan oleh Dendi Santoso. Sementara Malaysia kembali mencoba mengancam pertahanan Indonesia dan akhirnya unggul 2-0.

Pada menit ke-72, Safawi berhasil memanfaatkan kesalahan Yanto Basna dan merebut bola masuk ke kotak penalti sebelum menjebol gawang Indonesia lewat sepakannya dari sudut sempit.

Indonesia masih mencoba melakukan serangan dan wasit menunjuk titik putih setelah Febri dijatuhkan kiper Farizal. Namun tendangan Osas Saha masih terbaca sehingga dengan mudah diamankan kiper Malaysia.

Sementara Safawi nyaris mencetak hat-tricknya namun tendangan bebasnya masih berada di tipis di atas gawang. Lagi Safawi memiliki peluang namun kali ini bola berada di samping gawang Indonesia.

Malaysia masih melanjutkan tekanannya di sisa pertandngan. Namun  hingga wasit meniupkan peluit panjang di akhir laga skor masih tetap 2-0 bagi kemenangan tuan rumah Malaysia.  


Susunan Pemain Malaysia vs Indonesia:

Timnas Malaysia (3-5-2): Khairulazhan Bin Mohd Khalid; M Aidil Zafuan, Corbin Ong Lawrence, Shahrul Mohd Saad; Muhamad Nor Azam, Mohamed Syamer Kutty, Muhammad Syahmi Safari, Brendan Gan, Muhammad Akhyar Rashid; Muhammad Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Ridho; Gavin Kwan Adsit, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin; Hendro Siswanto, Bayu Pradana; Teuku Muhammad Ichsan, Septian David Maulana, Febri Hariyadi; Greg Nwokolo.

Caretaker: Yeyen Tumena

Load More