Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Para pemain PSS Sleman merayakan kemenangan saat menghadapi Barito Putra di Stadion Maguwoharjo pekan lalu. [@psssleman / Instagram]

Bolatimes.com - PSS Sleman tampaknya konsisten untuk serius menggarap pembinaan pemain muda di Akademi sepak bolanya.

Direktur Akademi PSS Sleman, Guntur Cahyo Utomo, menegaskan bahwa pembinaan pemain muda akan terus berjalan kendati Liga 1 2019 nantinya berakhir.

Saat ini, tim kelompok usia PSS Sleman sudah tidak berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA). Terakhir, PSS U-20 berhasil menempus 8 besar EPA U-20 2019.

Baca Juga:
Bertemu Kembarannya, Begini Reaksi Sadio Mane

Namun, meski sedang tidak berkompetisi, Akademi PSS Sleman yang beranggotakan 40 pemain dari kelompok usia 16 tahun, 18 tahun, dan 20 tahun, tetap rutin berlatih.

"Saat ini sebanyak 40 pemain dari kelompok usia 16, 18 dan 20 terus berlatih," kata Guntur Cahyo.

"Ini karena harus disadari jika mereka adalah embrio akademi ke depannya dan secara perlahan akan bertambah dengan adanya seleksi nantinya," imbuh mantan asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Baca Juga:
Pelatih Aljazair Tak Butuh Jasa Karim Benzema

Selain itu, Akademi Sepak Bola PSS juga memiliki target jangka panjang. Para pemain yang ada saat ini, dalam 3-4 tahun ke depan diharapkan bisa menjadi pemain senior di skuat berjuluk Elang Jawa itu.

"Kami memiliki target jangka panjang, yakni mempersiapkan pemain-pemain muda ini untuk masuk tim senior. Dua atau tiga tahun lagi, empat atau lima pemain bisa mengisi tim senior dengan syarat apabila akademi ini dikelola dengan baik," tegas alumni UGM itu.

Akademi PSS sendiri telah menciptakan pemain muda yang mengisi tim senior pada kompetisi Liga 1 2019, yakni Saddam Emiruddin Gafar. Striker bertubuh jangkung itu mendapat promosi ke PSS Sleman.

Baca Juga:
Paqueta Kenakan Nomor Punggung 10, Legenda Timnas Brasil Ini Tak Terima

Saddam pernah memperkuat Timnas Indonesia U-19 dan diturunkan dalam pertandingan Grup A Piala AFF U-19, Agustus 2019 dan laga persahabatan menghadapi China U-19, Oktober 2019 lalu.

Load More