Rauhanda Riyantama
Asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena memberikan arahan kepada pemain saat melakukan latihan sebelum menghadapi tuan rumah Malaysia di pertandingan kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan tidak akan dipimpin pelatih Simon McMenemy saat melawan Malaysia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/2019). Posisi Simon akan digantikan oleh asisten pelatih Yeyen Tumena.

Yeyen akan dibantu oleh dua asisten pelatih lainnya yaitu Joko Susilo dan Alan Haviludin. Yeyen dan asistennya juga sudah memimpin latihan Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan selama dua hari di Lapangan PKNS, Petaling Jaya, Malaysia.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri. Ia mengatakan bahwa Yeyen akan memegang kendali tim untuk persiapan hingga pertandingan melawan Malaysia.

Baca Juga:
Empat Negara Menyusul Lolos ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (tengah) berpose bersama asisten pelatih timnas Yeyen Tumena (kiri) dan Joko Susilo (kanan) saat menggelar konferensi pers di kantor PSSI, FX Senayan, Senin (25/2/2019). Simon McManemy menunjuk Yeyen Tumena, Joko Susilo dan Alan Haviludin sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia sebelum menggelar pemusatan latihan untuk timnas di Australia dan Bali pada 6-21 Maret. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Jadi Yeyen Tumena akan ikut pada sesi pre match dan post match press conference pertandingan." kata Cucu Soemantri dalam keterangan resminya.

Meski begitu, Simon McMenemy tetap akan tetap memberikan dukungan kepada skuat Garuda. Juru racik asal Skotlandia itu tetap datang ke Malaysia hanya memberi suport langsung Timnas Indonesia dan membantu supervisi.

Keputusan ini kemungkinan besar tidak lepas dari rencana PSSI yang akan memecat Simon McMenemy. Eks pelatih Bhayangkara FC akan diberhentikan sebagai juru racik setelah timnas Indonesia temukan yang baru.

Baca Juga:
Prediksi Persija Vs Persela, Macan Kemayoran Siap Raih Poin Penuh

Luis Milla dan Shin Tae-yong jadi kandidat kuat pengganti. Kedua pelatih tersebut sudah disebut-sebut oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Dipecatnya McMenemy tidak lepas dari performa buruk timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Empat pertandingan yang sudah dijalani, semuanya berakhir dengan kekalahan. Sebut saja Malaysia 2-3, Thailand 0-3, Uni Emirat Arab (UEA) 0-5, dan Vietnam 1-3.

Baca Juga:
Aji Santoso Lega Akhirnya Persebaya Menang setelah Delapan Laga

Load More