Sabtu, 23 November 2019
Galih Priatmojo : Selasa, 05 November 2019 | 19:19 WIB

Bolatimes.com - Nama Bambang Pamungkas mendadak jadi perhatian di jagad maya. Tagar SaveBepe pun masuk dalam lima besar trending di Twitter.

Tak sampai di situ, yang membuat para netizen makin dibuat penasaran lantaran sejumlah penggawa Persija Jakarta mengunggah foto dan keterangan yang mengaitkan dengan sosok legenda Macan Kemayoran tersebut.

Ini seperti yang diunggah oleh winger gesit Macan Kemayoran, Riko Simanjuntak beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan fotonya saat bersama Bepe itu, membubuhkan kerangan fotonya dengan menyebut sang pemain sebagai teladan.

Unggahan Riko Simanjuntak tentang Bambang Pamungkas alias Bepe, Selasa (5/11/2019). [@riko.smnjuntak / Instagram]

"@bepe20 pak kumis yang selalu jadi teladan, yang saya herankan dari sang legend adalah di stadion manapun, siapapun itu lawannya slalu dapat aplause, itu menandakan pak kumis memang betullah kau jadi teladan, Horass," tulisnya.

Kompak dengan Riko, bek tangguh Persija Jakarta, Rezaldi Hehanussa juga mengungkapkan hal serupa.

"Tetap yang terbaik @bepe20," disertai foto saat dirinya berdiskusi bersama Bambang Pamungkas di lapangan.

Rezaldi Hehanussa juga mengunggah tentang Bepe, Selasa (5/11/2019). [@rezaldihehanussa / Instagram]

Menanggapi unggahan itu, tak sedikit dari para netizen yang menebak bahwa pemain yang akrab disapa Bepe itu bakal meninggalkan Persija Jakarta yang sudah dibelanya sejak tahun 2000 silam.

Tapi nyatanya akar musabab para penggawa Persija mengunggah foto tentang Bambang Pamungkas yakni sebagai bentuk dukungan terkait tulisan sang pemain hingga kemudian memantik reaksi dari salah seorang netizen @irlan.alarancia.

Diketahui sebelumnya Bepe mengunggah foto dengan keterangan sebuah judul tulisan terbarunya yakni "Bermainlah Untuk Keluargamu"

Keterangan foto itu ternyata mendapat respon dari netizen yang menggunakan akun @irlan.alarancia. Melalui unggahan di Instagram sambil mengcapture unggahan Bambang Pamungkas.

"Jakmania butuh pemain yang bermain untuk Persija. Kalau anda Bambang Pamungkas tidak sanggup dan memilih bermain untuk keluarga silahkan angkat kaki," responnya.

Setelah itu, akun tersebut setidaknya mengunggah dua foto lagi di akun Instagramnya yang mengaitkan dengan Bambang Pamungkas.

Sementara itu, dalam laman resminya yang bertajuk "Bermainlah Untuk Keluargamu" Bepe memberikan klarifikasi atas apa yang dimaksudnya keluarga itu dengan gamblang.

Berikut sebagian petikannya

"....Di atas adalah ucapan saya (dua tahun lalu), yang tiba-tiba dalam beberapa hari terakhir menjadi pembahasan panas di kalangan suporter Persija Jakarta. Melihat pembahasan tersebut, sulit rasanya bagi saya untuk tidak terkejut, Lha pada kemana aja selama ini?, ujar saya dalam hati.

Awal sekali, saya tidak sedang berbesar kepala dengan merasa jika kalimat saya itu, selevel dengan salah satu bait dalam puisi Pak Sapardi. Ndak, ndak sama sekali ndak. Namun kenyataannya, pada satu titik ada kemiripan di antara keduanya. Yaitu sama-sama membuat orang menerka-nerka, dan pada akhirnya malah salah memahami esensi dari kalimat tersebut.

Bukan kebiasaan saya sebenarnya, menjelaskan kepada mereka yang salah memahami diri, dan pemikiran saya. Orang salah paham dengan Bambang Pamungkas itu kan bukan hal yang aneh. Lagi pula tidak semua hal dalam hidup itu bisa, dan perlu dijelaskan.

Namun karena kesalahpahaman ini berawal dari kalimat yang saya sampaikan, dan akibatnya harus diterima oleh seluruh pemain Persija Jakarta. Maka saya merasa bertanggung jawab secara moral, untuk meluruskan atau melindungi para pemain dari opini yang dibuat berdasarkan pemahaman yang salah (bukan kritik lho ya, kalo kritik sekeras apapun saya malah setuju)...."

Untuk penjelasan lebih lanjut bisa dilihat di laman resmi milik Bepe