Rauhanda Riyantama
Ilustrasi pengaturan skor. [www.timesofmalta.com]

Bolatimes.com - Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola menciduk sembilan orang atas kasus dugaan pengaturan skor. Dugaan pengaturan skor yang dimaksud merujuk pada laga Kalteng Putra kontra Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Tuah Pahoe, Minggu (27/10/2019).

Mereka yang diciduk berinisial IPJ, MCS, KRD, DST, JRE, FAN, KFH, FAG, dan HMN. Sembilan orang yang diamankan merupakan bagian dari perangkat pertandingan dan manajemen klub.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, mereka yang diringkus masih menjalani pemeriksaan secara intensif. Kekinian, mereka masih berstatus sebagai saksi.

Baca Juga:
Ada Bangkai Tikusnya, Ternyata Markas AS Roma Ini Tak Lebih Baik dari GBK

"Kesembilan orang yang diamankan masih sebagai saksi dan penyidik masih mengumpulkan alat bukti. Saat ini, sedang dilakukan pemeriksaan," ujar Argo dalam keterangan tertulis, Senin (28/10/2019).

Argo menyebut, dugaan pengaturan skor tersebut berawal dari laporan masyarakat. Laporan tersebut masuk di pusat panggilan Satgas Antimafia Bola.

"Berawal dari informasi masyarakat yang masuk ke call center Satgas Mafia Bola Pusat, ada dugaan permainan skor pertandingan Kalteng Putra vs Persela Lamongan," sambungnya.

Baca Juga:
Indonesia Kalah di Final AFF Futsal, Mantan Pelatih: Terimakasih Thailand

Jika nantinya ditemukan tindak pidana, maka Satgas akan melakukan penyidikan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Apabila nanti ditemukan adanya pelanggaran pidana, maka akan di sidik sesuai dengan aturan yang ada,"imbuh Argo.

Sebelummya, Polri kembali menjalankan Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Jilid II. Tim yang diketuai oleh Karo Provos Polri, Brigjen Hendro Pandowo tersebut akan bekerja selama empat bulan terhitung mulai tanggal 6 Agustus 2019, di 13 wilayah di Indonesia.

Baca Juga:
Kenang Duel Lawan Persija, Rene Mihelic Doakan Persib yang Menang

"Intinya kemarin Bapak Kapolri membuat surat perintah tugas (sprint) berkaitan dengan Satgas Antimafia Bola jilid dua. Nanti empat bulan ke depan berlakunya sprint Bapak Kapolri ini," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, pada 8 Agustus 2019 lalu.

Pertandingan antara Kalteng Putra vs Persela berakhir dengan kemenangan tuan rumah 2-0. Dengan kemenangan tersebut, Kalteng Putra beranjak ke posisi 17 klasemen sementara Liga 1. Sementara Persela Lamongan, berada di posisi 16.

Load More