Galih Priatmojo
Seorang fotografer memotret pesepak bola Timnas Indonesia U-16 usai melawan Timnas Cina U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Bolatimes.com - Walau gagal memetik kemenangan atas China, Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 yang akan dihelat di Bahrain. Skuat Garuda Asia lolos dengan status sebagai salah satu dari empat runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Timnas Indonesia U-16 hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan China pada laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (22/9/2019) malam.

Dengan hasil seri ini, China otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 sebagai juara Grup G.

Baca Juga:
Kalahkan The Daddies, Kevin/Marcus Raih Gelar Ketiga China Open Beruntun

Sementara itu, Indonesia sementara menempati peringkat teratas dalam daftar klasemen sementara runner-up terbaik di babak kualifikasi ini.

Ahmad Athallah Raihan dan kawan-kawan mengoleksi tujuh poin, karena tiga poin saat menang melawan Kepulauan Mariana Utara tak dihitung.

Hal ini lantaran ada grup di babak kualifikasi ini yang ditempati empat tim, sedangkan di Grup G ditempati lima tim.

Baca Juga:
Timnas China Pecat Pelatihnya Jelang Hadapi Indonesia

Di puncak klasemen runner-up terbak, Indonesia memang masih bisa digeser oleh Oman U-16 yang baru akan bermain melawan Arab Saudi pada dini hari WIB nanti.

Jika Oman menang, maka Indonesia akan tergeser ke peringat kedua klasemen runner-up. 

Akan tetapi, hal itu tak memengaruhi kelolosan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-16 2020 sebagai salah satu dari empat tim yang melaju dengan status runner-up terbaik.

Baca Juga:
Anthony Sinisuka Bongkar Penyebab Gagal Kalahkan Kento di Final China Open

Saat ini baru Indonesia dan Uzbekistan yang memastikan diri lolos sebagai runner-up terbaik.

Negara-negara Asia Tenggara lain macam Vietnam, Thailand, dan Laos juga berjuang untuk lolos melalui jalur runner-up terbaik ini.

Namun, Thailand yang saat ini berada di peringkat keempat klasemen runner-up terbaik tentunya masih rawan untuk digeser oleh Oman.

Baca Juga:
Anthony Sinisuka Ginting Gagal Penuhi Ambisi di Final China Open 2019

Berikut klasemen runner-up terbaik babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020:

Load More