Galih Priatmojo
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy saat memberikan keterangan pers usai menghadapi Persika Karawang pada laga uji coba yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (25/8/2019). [Suara.com / Adie P]

Bolatimes.com - Mimpi Indonesia untuk bisa berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai pada hari ini. Malaysia menjadi tantangan pertama bagi Pasukan Merah Putih pada babak kualifikasi zona Asia di SUGBK.

Tidak hanya bicara kemenangan. Pertandingan melawan Malaysia dibalut gengsi di dalamnya. 

Sejumlah pemain Timnas Indonesia mengikuti latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Latihan tersebut sebagai persiapan melawan Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 5 September dalam ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Untuk diketahui, kedua negara telah dipertemukan sebanyak 95 kali. Di mana Indonesia berhasil mendapatkan kemenangan sebanyak 39 kali, Malaysia 35, dan sisanya berakhir imbang.

Baca Juga:
Liverpool Daftarkan Empat Kiper untuk Fase Grup Liga Champions

"Kami berharap ini bakal menjadi duel besar. Ada banyak respek antara kedua tim ini. Laga ini memiliki sejarah. Dan laga ini bukan hanya persoalan poin, tapi lebih dari itu. Ini juga untuk kebanggaan negara," kata Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy.

McMenemy menyiapkan 23 pemain untuk menghadapi Malaysia. Empat di antaranya merupakan pemain naturalisasi, yaitu Victor Igbonefo, Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves, dan Osas Saha.

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kanan) berbincang dengan pemain Timnas Stefano Lilipaly (tengah) dan Irfan Bachdim sebelum berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (1/9/2019). Latihan tersebut sebagai persiapan melawan Timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 5 September mendatang dalam rangka kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

McMenemy meyakini empat pemainnya tersebut membantu di pertandingan nanti. Ia juga optimistis timnya dapat mengalahkan Malaysia dan mengawali kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan manis.

Baca Juga:
Gelar Pengajian Jelang Lawan Indonesia, Ini Alasan Timnas Malaysia

"Saya sangat bersemangat untuk laga nanti. Saya rasa, suporter akan begitu pula. Saya harap mendapatkan dukungan penuh," jelas McMenemy.

Sementara itu, Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe mengaku tidak gentar menantang Timnas Indonesia di SUGBK. Apalagi, persiapan tim berjuluk Harimau Malaya itu telah matang.

Meski pada laga uji coba sebelum melawan Indonesia, Malaysia takluk 0-1 dari Yordania. Namun, Malaysia banyak dapat pelajaran dari kekalahan itu.

Baca Juga:
Sempat Marah-marah, Sadio Mane Disebut Sudah Muak pada Tingkah Mohamed Sala

Tidak mudah mengalahkan Malaysia. Apalagi, terakhir Harimau Malaya menang di SUGBK adalah pada 2004 silam.

Namun, Tan tetap optimistis. Sebab, lawan yang dihadapinya saat ini berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya.

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe saat ditemui di lapangan A, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019). [Suara.com/Adie Prasetyo]

"Kalau melihat sejarah antara kedua tim, kami pernah menang (di kandang Timnas Indonesia). Tapi, tetap tidak mudah saat bertandang ke SUGBK," ujar Tan.

Baca Juga:
Catat! Ini Fakta Menarik Jelang Laga Timnas Indonesia vs Malaysia

"Tapi, di sini merupakan stadion yang selalu penuh dengan suporter Timnas Indonesia. Jangan terlalu memandang rekor pertemuan atau sejarah," ia menambahkan.

"Sebab, pemain yang sekarang berbeda, pelatih beda. Yang penting, kami harus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil positif pada kualifikasi Piala Dunia 2022," pungkasnya.

Perkiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Yustinus Pae, Victor Igbonefo, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Manahati Lestusen, Evan Dimas, Stefano Lilipaly; Andik Vermansah, Febri Hariyadi, Alberto Goncalves

Pelatih: Simon McMenemy (Skotlandia)

Malaysia (4-2-3-1): Farizal Marlias: Matthew Davies, Shahrul Saad, Adam Nor Azlin, La'Vere Corbin-Ong; Brendan Gan, Azam Azih; Safawi Rasid, Danial Amier, Mohamadou Sumareh; Norshahrul Idlan

Pelatih: Tan Cheng Hoe (Malaysia)

 

Load More