Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Rizky Pora usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. (AFF)

Bolatimes.com - Simon McMenemy melakukan tindakan tegas terhadap pemain yang baru saja ia tunjuk untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Belum ada 24 jam, ia langsung mencoret nama Rizky Pora dari skuatnya.

Pencoretan tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Rizky Pora telah melakukan tindakan yang kurang terpuji yang dianggap McMenemy tidak pantas dilakukan oleh pemain timnas Indonesia.

Kejadian tersebut terjadi saat pertandingan tim yang diperkuat oleh Rizky Pora, Barito Putera melawan PSM Makassar, Rabu (14/8/2019). Di pertandingan tersebut, Rizky Pora terlihat emosi di akhir pertandingan sampai mendorong pemain PSM, Bayu Gatra.

Baca Juga:
Lampard Tetap Puas meski Timnya Gagal Juara Piala Super Eropa

Pemain Barito Putera Rizky Rizaldi Pora (kanan) berusaha melepaskan diri dari hadangan pemain Persela Lamongan Ahmad Subagja Baasith (kiri) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Senin (22/7/2019). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Hal tersebut membuat McMenemy mengambil sikap untuk mencoret sang pemain. Baginya, seorang pemain nasional harus memiliki sikap yang bagus.

"Kami mengharapkan tingkat disiplin tertinggi dari para pemain tim Nasional. Ini telah dibahas beberapa kali dan para pemain telah diingatkan bahwa mereka adalah representasi dari seluruh pemain Indonesia. Para pemain tim Nasional adalah contoh bagi semua, Ini prinsip dan saya tidak main-main dengan hal ini," kata Simon Mcmenemy dalam rilis yang diterima suara.com.

"Pemain harus memahami tanggung jawab yang datang dengan mewakili negara yang begitu bersemangat dan bangga," tegas Simon.

Sebagai gantinya, mantan pelatih Bhayangkara FC ini memilih Febri Hariyadi. Pemain Persib Bandung ini dinilai memiliki pengetahuan taktik dan formasi yang baik.

Baca Juga:
Dipanggil Timnas Indonesia, Osas Saha Mengaku Terkejut

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dalam jumpa pers seusai uji coba montra Myanmar (dok. PSSI).

"Poinnya, kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan," ungkap McMenemy.

"Tentu kami berharap seorang pemain juga memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga mampu bermain dalam formasi yang berbeda dan juga posisi yang berbeda," pungkasnya.

Tim nasional Indonesia akan mengawali perjalanan di kualifikasi Piala Dunia dengan melawan Malaysia pada tanggal 5 September 2019 dan Thailand pada tanggal 10 September 2019. Dua laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga:
Juara Piala Super Eropa, Liverpool Samai Rekor Real Madrid

Sementara pemusatan latihan akan dimulai pada 21 Agustus mendatang. Rencananya, pemusatan latihan bakal berlangsung di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Berikut 24 Pemain yang akan bergabung dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penjaga Gawang:
Andritany Ardhiyasa - Persija Jakarta
Awan Setho - Bhayangkara FC
Angga Saputra - Tira-Persikabo

Pemain Belakang:
Ricky Fajrin - Bali United
Hansamu Yama - Persebaya Surabaya
Otavio Dutra - Persebaya Surabaya
Yanto Basna - Sukhothai
Yustinus Pae - Persipura Jayapura
Johan Alfarizi - Arema FC
Andika Wijaya - Bali United
Victor Igbonefo - PTT Rayong

Pemain Tengah:
Andik Vermansah - Madura United
Evan Dimas - Barito Putera
Febri Hariyadi - Persib Bandung
Manahati Lestusen - Tira-Persikabo
Rizky Pellu - PSM Makassar
Stefano Lilipaly - Bali United
Zulfiandi - Bhayangkara FC
Irfan Jaya - Persebaya Surabaya
Irfan Bachdim - Bali United
Greg Nwokolo - PTT Rayong

Pemain Depan:
Ferdinand Sinaga - PSM Makassar
Beto Goncalves - Madura United
Osas Saha - Tira-Persikabo

 

Load More