Galih Priatmojo
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memberikan instruksi saat melawan Timnas Vanuatu pada laga uji coba internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Bolatimes.com - Hasil undian kualifikasi Piala Dunia 2022 sudah dirilis, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy pun sudah punya target untuk menghadapi tim-tim di Grup G yang ditempati skuat Garuda. Eks pelatih Bhayangkara FC itu mengincar kemenangan pada dua laga pertama kualifikasi.

Sebagaimana diketahui, skuat Garuda tergabung di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia akan menghadapi Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Uni Emirat Arab.

Pada pertandingan pertama Grup G, Pasukan Merah Putih akan melakoni duel sarat gengsi menghadapi Malaysia pada 5 September 2019. Lima hari setelahnya, Timnas Indonesia akan menjamu Thailand.

Baca Juga:
Begini Doa Bek Liverpool yang Dukung Persija Kalahkan PSM Makassar

Di dua pertandingan tersebut, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan kemungkinan besar bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

"Saya merasa beruntung karena pernah bekerja di negara ASEAN lain sebelum akhirnya ke Indonesia dan tanpa ragu bisa saya katakan, ketika tim nasional bermain dan mendapat dukungan penuh dari suporternya, saya rasa apapun bisa terjadi," kata McMenemy dikutip dari laman resmi PSSI.

"Dua pertandingan pertama akan sangat menentukan langkah kita ke depan. Kalau bisa menang di dua laga pertama, tentu kita akan bisa mengirim pesan bahwa Indonesia telah kembali, Indonesia serius dalam kualifikasi ini, kita berada di level yang sama dengan lawan kita. Saya ingin tim nasional Indonesia bisa menginspirasi negara ini," tambahnya.

Baca Juga:
Hendra/Ahsan ke Semifinal Indonesia Open Usai Singkirkan Juara Asia

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy (ketiga kanan) memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2019). Latihan tersebut merupakan persiapan timnas Indonesia untuk menghadapi pertandingan uji coba internasional melawan Timnas Vanuatu pada 15 Juni 2019. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Soal persiapan, juru taktik asal Skotlandia itu mengaku kalah dari Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Apalagi kompetisi domestik di tiga negara tersebut sudah selesai.

Namun, hal ini justru menjadi tantangan bagi mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut. Ia mengklaim bahwa sudah mendapat dukungan dari klub-klub terkait persiapan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Tentu rencana ke depan adalah membuat para pemain siap ketika kualifikasi tiba. Namun, pada kenyataannya akan sedikit lebih sulit, karena kompetisi di liga kita sedang berlangsung. Pada awal tahun lalu, saya sudah mengundang dan bertemu dengan para pelatih Liga 1, dan memaparkan perencanaan timnas ketika kualifikasi tiba," ucapnya.

"Mungkin, Thailand dan Malaysia sedikit lebih baik dari kita soal persiapan, karena liga mereka sudah hampir berakhir. Hal ini bisa menjadi tantangan sekaligus peluang untuk kita, saya harap para pemain sedang dalam kondisi yang baik," harapnya.

Baca Juga:
Jan Vertonghen Musim Ini Tak Lagi Berseragam Tottenham Hotspur

Sebagai informasi tambahan, juara dari masing-masing grup dan empat runner up terbaik akan lolos ke putaran berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2022 dan otomatis masuk dalam putaran final Piala Asia 2023.

Sementara tim yang tersisa akan kembali bertarung memperebutkan sisa slot yang tersisa di Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Ini Syarat dari Unai Emery untuk Kapten Baru Arsenal Pengganti Koscielny

Load More