Galih Priatmojo
Pelatih anyar Persija Jakarta Julio Banuelos. (dok. Media Persija)

Bolatimes.com - Tak butuh waktu lama selepas kursi pelatih ditinggal Ivan Kolev, Persija Jakarta kini sudah punya pelatih baru. Dia diketahui merupakan jebolan akademi Real Madrid.

Manajemen Persija mengumumkan bahwa telah bersepakat dengan juru taktik asal Spanyol bernama Julio Banuelos.

Banuelos telah diperkenalkan sebagai pelatih anyar Macan Kemayoran hari ini, Sabtu (18/6/2019). 

Baca Juga:
Resmi Berseragam Real Madrid, Begini Sambutan Courtois untuk Eden Hazard

CEO Persija Ferry Paulus, mengatakan Julio Banuelos resmi dikontrak dengan durasi satu musim. Banuelos tidak sendiri, ia akan didampingi oleh Eduardo Perez yang merupakan asisten Pelatih Luis Milla saat menukangi Timnas Indonesia.

Pelatih anyar Persija Jakarta Julio Banuelos. (dok. Media Persija)

"Ya Julio Banuelos resmi menjadi pelatih Persija Jakarta dengan durasi kontrak satu musim hingga akhir Desember 2019. Kami memilih Julio karena kami merasa coach Julio memiliki kesamaan visi dengan kami dari manajemen Persija. Ia nantinya didampingi Eduardo sebagai asisten pelatih," ujar Ferry Paulus dalam keterangan resminya. 

"Pertimbangan lain keduanya sangat mengenal sepak bola Indonesia. Keduanya asisten pelatih Luis Milla beberapa waktu yang lalu. Julio juga memiliki reputasi yang baik sebagai pelatih karena pernah membesut klub Spanyol. Dia juga pernah menjadi asisten  pelatih Leeds united," tambahnya.

Baca Juga:
Ini Tebusan yang Harus Dibayar Real Madrid untuk Boyong Eden Hazard

Sebagai informasi, Julio Banuelos ketika masih aktif bermain sebagai pemain berposisi sebagai bek. Memulai karier junior di Real Madrid, ia menjadi salah satu pemain belakang yang tangguh.

Selepas menimba ilmu bersama El Real, Julio meneken kontrak bersama Mirandes selama dua tahun 1988 sampai 1990. Selama berkarier di klub tersebut ia mencetak enam gol dari 57 pertandingan.

Setelah itu ia sempat bermain di Real Zargoaza B dan terakhir membela Balaguer, Setelah berseragam selama lima tahun, Julio memutuskan gantung sepatu dan alih profesi sebagai pelatih tim muda Unio Esportiva Lleida.

Baca Juga:
Bungkam Lin Dan Dua Gim Langsung, Jojo Melaju ke Semifinal Australia Open

Selanjutnya dia dikontrak untuk melatih tim Alaves Junior. Penampilan impresif yang diperlihatkan Julio, membuatnya dipromosikan sebagai pelatih Alaves pada 2005. Satu kemudian, ia kembali mendapat promosi untuk membesut Alaves senior. 

Setelah malang melintang di klub Spanyol, ia mencoba peruntungan bersama klub Siprus AEK Larnaca. Ia dipercaya sebagai asisten pelatih. Ia pada musim 2016 hijrah ke Apoel. Lalu kemudian ia pindah ke klub Liga Primer Inggris yakni Leeds United.

Selain itu, Julio juga pernah bersama Timnas Indonesia U-23 bersama Luis Milla dan juga Eduardo Perez di Asian Games 2018 sebagai asisten pelatih.

Baca Juga:
Lawan Ronaldo di Final UEFA Nations League, Ini Respon Virgil van Dijk

"Ini adalah duet yang menurut kami sangat baik. Tentunya pengalaman keduanya sangat mumpuni untuk Persija. Semoga ini bisa energi yang baru untuk Persija dalam mengarungi sisa kompetisi ini dan bisa membawa Persija meraih gelar juara Piala Indonesia agar bisa kembali bermain di kompetisi AFC,"tutur Ferry Paulus. 

Load More