Rauhanda Riyantama
Suasana laga Borneo FC vs Persib Bandung pada laga leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (24/4/2019) sore WIB. (Dok, Persib Bandung]

Bolatimes.com - Borneo FC akhirnya membungkam tamunya Persib Bandung dengan skor 2-1 pada leg pertama perempatfinal Piala Indonesia di Stadio Segiri, Samarinda, Rabu (24/4/2019) sore WIB. Skuat berjuluk Pesut Etam itu sukses melakukan comeback di menit-menit akhir pertandingan.

Persib sejatinya unggul lebih dahulu via Ezechiel N'douassel pada menit 16. Namun, Borneo FC mampu menyamakan skor setelah Matias Conti bikin gol lima menit sebelum bubaran babak pertama.

Borneo FC pun akhirnya memastikan kemenangan secara dramatis. Gelandang Asri Akbar berhasil mencetak gol kemenangan di injury time babak kedua lewat sepakan bebas terukur.

Baca Juga:
Ditunda Lagi, Jadwal Kick Off Liga 1 2019 Mundur Sepekan

Jalannya Pertandingan

Sejak laga dimulai, kedua tim tampil dengan tempo sedang dan cukup berhati-hati. Meski bertindak sebagai tim tamu, Persib sendiri sedikit lebih menguasai jalannya pertandingan di menit-menit awal.

Hingga memasuki menit 15, belum ada satu pun peluang emas yang tercipta. Namun, semua berubah semenit kemudian. N'douassel berhasil menjebol gawang Borneo yang dikawal kiper Nadeo Winata.

Baca Juga:
Serius Menatap Derby Manchester, Skuat Setan Merah Sampai Pindah Hotel

Berawal dari kerjasama apik Kim Jeffrey Kurniawan dan Ghozali Siregar, sebuah crossing dari sayap kiri diteruskan dengan tandukan N'douassel yang meluncur deras mengoyak gawang Borneo.

Setelah kebobolan, Borneo berusaha keluar dari tekanan dan mencoba membongkar pertahanan Persib. Tim tuan rumah pun akhirnya ampu menyamakan skor melalui sundulan Matias Conti, memanfaatkan umpan matang dari Terens Puhiri pada menit 40.

Memasuki babak kedua, Persib tetap memanfaatkan kedua sayap dalam membangun serangan. Kedua winger Persib rajin melepaskan umpan-umpan lambung ke kotak penalti yang mengarah ke N'douassel.

Baca Juga:
Gagal Penalti, Bruno Matos Merasa Tak Pantas Main di Persija Jakarta

Relatif tidak banyak peluang yang diciptakan kedua tim di babak kedua ini. Pelanggaran demi pelanggaran justru kerap dilakukan kedua tim guna menghambat permainan lawan.

Saat waktu normal tersisa 10 menit, Borneo terus menekan Persib. Beberapa kali Borneo asuhan eks pelatih Persib, Roberto Carlos Sergio Gomez, mampu membuat kiper Muhammad Natshir jatuh bangun.

Borneo akhirnya keluar sebagai pemenang leg pertama babak delapan besar ini setelah Asri Akbar mencetak gol lewat tendangan bebas di menit 92.

Sempat terjadi protes dari pemain Persib usai Borneo mencetak gol, bahkan kapten Maung Bandung, Supardi Nasir juga mendapat kartu kuning. Namun, wast tak bergeming dan tetap mengesahkan gol. Laga pun berakhir tak lama sete;ah gol kedua Borneo ini.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Borneo minimal hanya perlu bermain imbang pada leg kedua yang akan dihelat di markas Persib, Stadion Si Jalak Harupat pada 29 April mendatang, untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

Sementara Persib wajib memenangi pertandingan setidaknya dengan skor 1-0.

Susunan Pemain 

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Diego Michiels, Jan lammers, Javlon Guseynov, Abdul Rachman; Finky Pasamba, Asri Akbar, Terens Puhiri, Ambrizal Umanailo; Renan Silva, Matis Conti.

Persib Bandung: M Natshir; Supardi, Indra Mustafa, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Erwin Ramdani, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Ghozali Siregar.

Load More