Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Thailand, Charyl Chappuis. (ED JONES / AFP)

Bolatimes.com - Kabar pelarangan Ezra Walian membela Timnas Indonesia ternyata juga menyita perhatian pesepak bola Thailand, Charyl Chappuis. Pasalnya, pemain kelahiran Swiss itu pernah mengalami nasib yang sama dengan striker kelahiran Belanda tersebut.

Seperti diketahui, Ezra Walian dilarang FIFA untuk membela Merah Putih di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Penyebabnya adalah Ezra pernah tampil di Kualifikasi Euro 2014 bersama Timnas Belanda U-17 sebanyak dua kali.

FIFA menganggap, Ezra Walian telah memilih Belanda sebagai asosiasinya sehingga tidak bisa membela Timnas Indonesia meski sudah dinaturalisasi. Tak hanya di level junior, keputusan FIFA tersebut juga berlaku untuk jenjang senior pada kompetisi resmi.

Baca Juga:
Ezra Walian Tak Bisa Main untuk Indonesia, PSSI Akan Banding

Senasib sepenanggungan, Charyl Chappuis juga pernah bermain untuk Timnas Swiss U-17 pada Piala Dunia U-17 2009 di Nigeria. Namun, kini ia bisa memperkuat Timnas Thailand di ajang resmi FIFA, bahkan kualifikasi Piala Dunia 2018.

Charyl Chappuis menyebut jika dirinya sempat bermasalah ketika pertama kali dipanggil oleh Thailand menghadapi Lebanon di Kualifikasi Piala Asia 2015. Kala itu ia tidak bisa bermain lantaran tidak memiliki dokumen yang lengkap.

Baca Juga:
Tak Bisa Bela Timnas Indonesia U-23, Berikut 5 Fakta Menarik Ezra Walian

''Federasi Thailand saat itu belum sepenuhnya siap untuk menyerahkan dokumen saya secara lengkap kepada FIFA sehingga saya harus melewatkan laga pertama melawan Lebanon,'' lanjutnya.

''Saya harap semua akan berjalan lancar dan Ezra bisa membela Indonesia di masa depan,'' pungkas pemain 27 tahun tersebut.

Baca Juga:
Atlet Renang Asal Hong Kong Meninggal Mendadak, Kekasih Tulis Pesan Haru

Load More