Rauhanda Riyantama | Andiarsa Nata
Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ezra Walian. (instagram.com/ezrawalian)

Bolatimes.com - Baru-baru ini, nama Ezra Walian menjadi perbincangan publik sepak bola Tanar Air. Hal itu dikarenakan pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu dilarang membela Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23.

Timnas Indonesia U-23 memang sebelumnya dikabarkan dilanda masalah saat mendaftarkan 23 pemainnya untuk Piala Asia U-23. Saat itu salah satu pemain mereka, Ezra Walian mendapatkan masalah administrasi.

Dalam prosesnya pihak AFC menemukan bahwa Ezra Walian pernah membela Timnas Belanda U-17 di Piala Eropa U-17 tahun 2013. Atas hal itu lah kemudian mereka meminta PSSI untuk memohon persetujuan kepada FIFA terkait status pemain berusia 22 tahun tersebut.

Baca Juga:
Atlet Renang Asal Hong Kong Meninggal Mendadak, Kekasih Tulis Pesan Haru

Setelah melewati berbagai proses, FIFA pun mengeluarkan pernyataan bahwa pemain jebolan Ajax Amsterdam itu dilarang membela Timnas Indonesia. Alasannya karena status Ezra yang pernah membela Timnas Belanda U-17 sebelum dinaturaliasi Indonesia tahun 2017.

Status Ezra itu menyebabkan dirinya terbentur dengan statuta FIFA. Larangan bermain terhadap Ezra sendiri sudah ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players Status, Erika Montemor Ferreira. Surat itu juga telah dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Baca Juga:
Selebrasi Selangkangan Cristiano Ronaldo Didenda Rp 322 juta

Berikut Bolatimes.com rangkum lima fakta tentang Ezra Walian yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Ayah Ezra Walian dari Manado

Ezra Walian lahir di Amsterdam, Belanda pada 22 Oktober 1997. Darah Indonesia Ezra mengalir dari sang ayah, Glenn Walian yang berasal dari Manado. Sedangkan Ibu Ezra berdarah Belanda yang bernama Linda Bos.

Baca Juga:
FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas Indonesia U-23

2. Tertarik bela Timans Indonesia

Nama Ezra Walian mulai dikenal saat ia mengaku tertarik untuk membela Timnas Indonesia. Hal itu terjadi ketika Ezra mengunguah sebuah foto dukungan untuk Indonesia kala skuat Garuda tampil di Piala AFF 2016.

"Prestasi luar biasa oleh Timnas! Hingga final AFF Suzuki Cup 2016! Selamat berjuang! Anda mendapat dukungan penuh saya!," tulis Ezra di Instagram.

Baca Juga:
Belgia Menang, Thibaut Courtois Justru Buat Blunder Konyol

3. Membela Timnas Indonesia

Setelah resmi naturalisasi pada tahun 2017, Ezra Walian pun mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia di tahun yang sama. Ezra pernah tampil ketika tim Merah-Putih berhadapan dengan Myanmar pada 21 Maret 2017. Ia juga tampil di SEA Games 2017 di Malaysia.

4. Pemain berbakat

Ezra Walian disebut sebagai pemain berbakat saat berhasil mencetak lima gol dalam satu pertandingan ketika masih berseragam Timnas Belanda U-17. Saat itu Ezra berhadapan dengan San Marino di kualifikasi Piala Eropa U-17 dan tampil selama 40 menit. Kala itu Belanda menang dengan skor telak 12-0.

5. Trial bersama West Ham United

Bukan hanya di Belanda, Ezra Walian juga sempat merasakan sengitnya bermain di tanah Inggris saat menjalani trial bersama West Ham. Trial tersebut merupakan upaya Ezra untuk mencari klub baru setelah mengakhiri kerja sama dengan Jong Ajax, tim cadangan Ajax Amsterdam.

Saat itu tahap akhir dari trial diakhiri dengan adanya laga uji coba antara West Ham dengan Billericay Town FC di AGP Arena, Selasa (8/8/2017). Ezra Walian yang kala itu masih berusia 19 tahun mendapat kesempatan tampil selama 90 menit. Tetapi sayang, laga itu berakhir dengan kekalahan The Hammer dengan skor 1-3.

Load More