Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-22 berhasil menjadi juara setelah memetik kemenangan 2-1 atas Thailand pada pertandingan final Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam WIB.

Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Saringkan Promsupa pada menit ke-57, Indonesia berhasil membalas dua gol melalui Sani Riski Fauzi pada menit ke-59 dan Osvaldo Haay menit ke-64.

Keberhasilan itu tentu menjadi sebuah hal yang membanggakan di tengah peliknya kasus pengaturan skor di Tanah Air. Selain itu, gelar Piala AFF U-22 akan menjadi modal penting bagi anak asuh Indra Sjafri untuk menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games mendatang.

Baca Juga:
Sani Rizki, Sang Penjebol Gawang Thailand yang Juga Seorang Polisi

Prestasi Marinus Wanewar cs dalam menjuarai Piala AFF U-22 2019 itu pun memunculkan beberapa fakta menarik. Berikut Bolatimes.com merangkum.

1. Indonesia berhasil keluar sebagai sebagai juara saat pertama kali tampil di final Piala AFF U-22. Gelar itu juga menjadi yang pertama bagi tim Merah Putih di ajang tersebut.

2. Indonesia juara tanpa tersentuh kekalahan. Bagas Adi cs mengemas tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Baca Juga:
Juara Piala AFF U-22 2019, Indra Sjafri Beri Komentar Bernada Satir

3. Indonesia menyabet gelar juara dengan mengalahkan juara bertahan, yakni Thailand. Perlu diketahui, Thailand juara bertahan sejak 2005, tetapi setelah itu tidak digelar lagi sebelum 2019.

4. Anak asuh Indra Sjafri berstatus sebagai tim paling produktif di Piala AFF U-22 2019 dengan total delapan gol. Di posisi kedua ada Vietnam yang mampu mengemas enam gol.

5. Marinus Wanewar berhasil mencetak tiga gol. Ia menjadi top skor turnamen bersama dua pemain lainnya, yakni Saringkan Promsupa (Thailand) dan Tran Danh Trung (Vietnam).

Baca Juga:
Indonesia Juara Piala AFF U-22, Menpora: Kami Siapkan Bonus Rp 2,1 Miliar

6. Indonesia menjadi satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Thailand di Piala AFF 2019. Pencetak gol itu adalah Sani Rizki dan Osvaldo Haay.

Load More