Galih Priatmojo
Penyerang Persebaya Surabaya, David da Silva merayakan gol bersama Osvaldo Hay usai menjebol gawang tuan rumah Bali United. Dalam laga pekan ke-31 Liga 1 2018 itu, tuan rumah Bali United keok 2-5 dari Persebaya. [@officialpersebaya/Instagram]

Bolatimes.com - Berstatus sebagai tim promosi, nyatanya tak membuat Persebaya Surabaya ciut nyali melakoni musim ini di kompetisi Liga 1 2018. Lihat saja memasuki putaran kedua kompetisi, skuat Bajul Ijo tampil ganas. Sejumlah raksasa Liga 1 pun bertumbangan menghadapi anak asuhan Djadjang Nurdjaman. Terakhir, Bali United dibuat tak berkutik di kandangnya sendiri dengan keok 2-5. Hasil itupun mencatatkan sejarah sebagai kekalahan terbesar Bali United di musim ini.

Tampil ngegas jelang tikungan akhir Liga 1 2018 membuat posisi Persebaya Surabaya kini menyodok di peringkat 7. David da Silva dkk kini sudah mengantongi 44 poin dari hasil 12 menang, 8 seri, dan 11 kalah. Menyisakan tiga laga terakhri, Persebaya pun masih berpeluang untuk merangsek ke papan atas.

Tak hanya itu, Persebaya juga punya peluang besar untuk mendapat jatah klub yang lolos ke turnamen Piala AFC 2019. Seperti diketahui, Indonesia mendapat jatah 3 klub yang lolos ke turnamen Asia. Juara Liga 1 akan mendapat jatah kualifikasi ke Liga Champions Asia 2019. Sementara peringkat 2 dan 3 akan mendapat jatah ke Piala AFC 2019.

Baca Juga:
Ini 4 Negara yang Berhasil Lolos ke Semifinal UEFA Nations League

Turnamen yang akan menginjak edisi 16 ini adalah turnamen kelas 2 AFC yang akan diikuti 49 klub yang akan bertanding di babak kualifikasi dan penyisihan grup. Peringkat 2 Liga 1 langsung lolos ke babak penyisihan grup. Sementara peringkat 3 akan mengikuti babak kualifikasi terlebih dahulu sebelum masuk babak penyisihan grup.

Seperti dikutip dari emosijiwaku.com, Persebaya berpeluang mendapat jatah itu namun dengan syarat mampu memenangkan semua laga terakhirnya melawan Bhayangkara FC, PSMS Medan, dan PSIS Semarang. Jika mampu menyapu bersih, nilai maksimal Persebaya berada di angka 53. Namun, Persebaya harus menunggu hasil dari klub lain yang memiliki peluang mendapatkan slot Piala AFC 2019.

Persija, Persib, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Bali United adalah klub-klub yang peringkatnya di atas Persebaya dengan nilai di atas 44. Persebaya akan lolos jika mereka tidak mencapai jumlah poin 53. Pengecualian bagi Persija yang saat ini mengoleksi 53 angka.

Baca Juga:
Manajemen Persib Bandung Bantah Semua Tudingan Pengaturan Skor

Namun secara head to head, jika Persija tidak mendapat angka di tiga laga sisa dan Persebaya menyapu bersih maka peringkat Bajul Ijo akan berada di atas tim Macan Kemayoran. Meski secara peluang tipis namun secara matematis masih bisa.

Mampukah Persebaya Surabaya menjaga tren positif di tiga laga tersisa? Patut diikuti.

Baca Juga:
Wow, Smash Marcus Gideon Bikin Karpet Final Hong Open 2018 Sobek

Load More