Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Singapura, Fandi Ahmad bersama tim. [@fandiahmadofficial/Instagram]

Bolatimes.com - Timnas Singapura merupakan salah satu kandidat kuat sebagai juara di setiap ajang Piala AFF 2018. Pada ajang turnamen dua tahunan tersebut, sepak terjang The Lions patut untuk dinantikan mengingat nama besar mereka di Asia Tenggara.

Pada Piala AFF 2018, Singapura dipastikan akan tampil ngotot mengingat skuat mereka diisi oleh para pemain yang kaya akan pengalaman seperti Baihakki Khazian, Khairul Amri, dan Shahril Ishak. Di sektor kepalatihan, ada perpaduan antara Fandi Ahmad dan Noh Alam Shah.

Di Piala AFF 2018, Timnas Singapura tergabung di Grup B bersama Indonesia, Thailand, Filipina, dan Timor Leste. Sementara Grup A dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Prestasi Singapura di Piala AFF 2018

Singapura memiliki reputasi mengesankan dalam sejarah Piala AFF, mereka adalah peraih gelar terbanyak nomor dua setelah Thailand. Sejak pertama kali digelar pada 1996, Singapura telah memenangkan empat gelar, yakni pada edisi 1998, 2004, 2007, dan 2012.

Pada 1998, Singapura memenangkan Piala AFF setelah mengalahkan Vietnam 1-0 di final. Dalam edisi 2004, Singapura kembali melangkah ke final dan sukses menumpas perlawanan Indonesia dalam dua leg yang berakhir 2-2 secara agregat.

Singapura meraih trofi ketiga Piala AFF pada 2007. Kala itu, Singapura mengalahkan Thailand dengan agregat 3-2. Sedangkan trofi keempat Singapura didapat pada edisi 2012 setelah mengalahkan Thailand lagi dengan skor sama, yakni 3-2.

Enam tahun berlalu, Singapura belum lagi memenangkan gelar Piala AFF 2018. Bahkan, skuat Merlion tak pernah menjamah partai semifinal. Piala AFF 2018 akan menjadi kesempatan baru bagi Singapura. Mengingat reputasi masa lalu, ditambah pelatih penuh pengalaman seperti Fandi Ahmad dan Noh Alam Shah, bukan tidak mungkin Singapura akan berbicara banyak.

Persiapan Singapura di Piala AFF 2018:

Singapura mempersiapkan diri dengan serius untuk Piala AFF 2018. Demi tampil dengan kekuatan terbaik, skuat asuhan Fandi Ahmad menjalani pemusatan latihan (TC) di Osaka, Jepang, mulai dari 22 Oktober-2 November 2018.

Para pemain Singapura tengah melakoni latihan jelang gelaran Piala AFF 2018. [@fasingapore/Instagram]

Sementara itu, di bawah kendali Fandi Ahmad, setidaknya ada empat uji coba yang telah dimainkan sebelum bertempur di Piala AFF 2018. Hasilnya pun terbilang positif, Singapura berhasil memetik tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

07/09/18: Singapura 1-1 Mauritius
11/09/18: Singapura 2-0 Fiji
12/10/18: Singapura 2-0 Mongolia
16/10/18: Kamboja 1-2 Singapura

Daftar pemain sementara Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

Kiper: Hassan Sunny, zwan Mahbud, Zaiful Nizam

Belakang: Baihakki Khaizan, Fadli Kamis, Faritz Hameed, Ho Wai Loon, Irfan Fandi, Madhu Mohana, Nazrul Nazari, Safuwan Baharudin, Shakir Hamzah, Zulfahmi Arifin, Zulqarnaen Suzliman

Tengah: Adam Swandi, Hariss Harun, Huzaifah Aziz, Izzdin Shafiq, M Anumanthan, Jacob Mahler, Gabriel Quak, Yasir Hanapi, Zulfadhmi Suzliman

Depan: Faris Ramli, Ikhsan Fandi, Iqbal Hussain, Khairul Amri, Khairul Nizam, Shahril Ishak.

Pelatih: Fandi Ahmad

Load More