Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Bola Resmi Liga 1 2018/2019 (BOLATIMES/STEPHANUS ARANDITIO)

Bolatimes.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengumumkan bahwa kompetisi sepak bola Indonesia (Liga 1, Liga 2, dan Liga 3) terpilih sebagai tiga besar kandidat pemenang Liga Berkembang Terbaik versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Sebelumnya, Indonesia terpilih dalam 10 kandidat kandidat Best Developing Football League of the Year atau Liga Paling Berkembang. Dalam daftar tersebut, Indonesia terpilih bersama Bhutan, Guam, India, Yordania, Kirgistan, Filipina, Singapura, Tajikistan, dan Vietnam.

Menurut AFC, para nomine akan dinilai melalui 11 kategori seperti manajemen dan administrasi, finansial, kompetisi, pemasaran dan promosi, serta komunikasi dan publikasi. Dari 10 nomine akan dikerucutkan menjadi tiga besar yang kemudian diundang ke acara penghargaan yang akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 19-20 November 2018.

Baca Juga:
8 Fakta Menarik dari Arsenal vs Leicester, Ozil Cetak Rekor Baru

Indonesia sendiri terpilih dalam tiga besar tersebut. Direktur Utama LIB, Berlinton Siahaan, menyebut telah menerima surat resmi dari AFC terkait pengharaan Liga Paling Berkembang se-Asia itu.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan (kiri) dan CEO PT Liga Indonedia Baru Risha Adi Wijaya (kanan) saat memberikan keterangan terakit masuknya Indonesia ke dalam Best Developing Football League of the Year di Asia versi AFC [Suara.com/Adie Prasetyo]

''Dua minggu yang lalu kita masuk dalam 10 besar dalam pengembangan liga tahun ini, yang masuk nominasi itu besar negara-negaranya,'' kata Berlinton dalam jumpa pers di Kantor PT LIB di Kawasan Sudirman, Senin (22/10/2018), seperti dikutip dari Suara.com.

''Ternyata kita dapat undangan dari AFC untuk menghadiri award tanggal 19-20 November di Thailand karena sudah masuk ke dalam tiga besar. Kalau negara lainnya yang masuk saya belum tahu,'' tambahnya.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Liga Inggris: Arsenal Tempel Chelsea

Meski demikian, Berlinton Siahaan enggan terlalu berbesar hati. Ia mengakui masih ada banyak kekurangan dari kompetisi yang ada di kompeisi Indonesia (Liga 1, Liga 2, Liga 3, dan seterusnya). Namun, ia berjanji PT LIB akan terus berupaya untuk mengembangkan kompetisi di Tanah Air agar lebih baik lagi.

''Pengembangan terus kami lakukan dan tidak pernah berhenti. Memang kami sadar walupun kami dapat tiga besar, tapi kami harus melihat apa-apa saja yang harus kami perbaiki,'' ujar Berlinton.

''Tapi kami juga tetap melihat, sebagai operator kami akan coba cari ilmu saat pertemuan nanti di Thailand. Jadi tetap kami akan terus membangun, tapi saya belum bisa berbicara apa saja. Kami akan berinovasi untuk kompetisi yang bisa lebih baik lagi,'' pungkasnya.

Baca Juga:
Ciiee, Egy Dapat Dukungan dari Calon Mertua Nih Hadapi Piala Asia

Berlinton sendiri belum memikirkan peluang untuk menjadi peraih Liga Berkembang Terbaik di Asia tersebut. Mampu mengalahkan tujuh negara dan masuk dalam tiga nomine terbaik saja sudah membuat PT LIB bersyukur.

Load More