Stephanus Aranditio
Pemain Cadangan Timnas Indonesia U-19 saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-18 (AFP)

Bolatimes.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan mencoba menerapkan aturan baru di Piala Asia U-19 yang akan digelar di Indonesia pada 18 Oktober - 4 November 2018, aturan baru ini nantinya akan diterapkan oleh negara peserta termasuk Timnas Indonesia U-19.

Aturan tersebut terkait jumlah kuota pergantian pergantian pemain yang sebelumnya tiga pemain menjadi empat pemain dalam satu pertandingan seperti yang telah sukses diterapkan oleh FIFA pada ajang Piala Dunia 2018 di Rusia beberapa waktu lalu.

Pergantian empat pemain ini masih bersifat uji coba karena nantinya akan resmi diterapkan pada Piala Asia 2019 yang berlansung di Uni Emirat Arab Januari mendatang.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Persib Bandung Curi Poin dari Persipura Jayapura

presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan peraturan ini diterapkan untuk mencoba mengadopsi peraturan yang sudah terlebih dahulu dibuat oleh FIFA sebagai induk sepak bola dunia.

''Seluruh benua sedang menantikan turnamen paling bergengsi di Asia. Oleh karena itu penting bahwa Piala Asia AFC mengadopsi peraturan terbaru,'' kata presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dilansir bolatimes.com dari laman resmi AFC.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa (AFP)

Selain itu, penerapan kuota empat pemain pengganti ini juga dapat menambah ketat kompetisi karena para pelatih lebih banyak pilihan untuk merotasi pemainnya.

Baca Juga:
AC Milan Akan Kembalikan Tiemoue Bakayoko ke Chelsea

''Saya yakin ini akan menambah semangat kompetisi tim nasional unggulan Asia dan lebih memperkuat ambisi AFC untuk menjadi konfederasi terdepan di dunia,'' jelas Shaikh Salman.

Nantinya, peraturan ini akan akan dipatenkan juga di turnamen AFC selanjutnya seperti Piala Asia Wanita U-19 2019 dan Piala Asia U-23 2020.

Baca Juga:
Manchester United Harus Bayar Mahal Gegara Martial Cetak Gol

Load More