Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-16 vs Iran U-16 di Piala Asia U-16 (pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Australia U-16 di babak delapan besar Piala Asia U-16 2018. Kedua tim telah tiga kali bertemu, skuat Garuda Muda pernah sekali menang.

Pertandingan antara Indonesia kontra Australia akan dihelat di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018) pukul 15.30 WIB. Skuat Merah-Putih wajib menang untuk bisa melaju ke babak semifinal dan mendapat tiket otomatis ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Namun, untuk mewujudkan hal tersebut bukan perkara yang mudah. Terlebih dari rekor pertemuan, anak asuh Fakhri Husaini tak diuntungkan.

Baca Juga:
Seperti Juventus, 5 Klub Top Eropa Ini Juga Belum Terkalahkan

Indonesia dan Australia tercatat sudah tiga kali bertemu dalam pertandingan kelompok usia U-16. Semua duel keduanya terjadi di ajang Piala AFF.

Pertemuan pertama terjadi pada Piala AFF 2018, saat itu Indonesia yang dihuni oleh para pemain seperti Charis Yulianto, Budi Sudarsono, dan Bambang Pamungkas terkapar 0-6 di Stadion Lebak Bulus. Skuat Socceroos muda menang besar berkat gol yang dicetak oleh Hamill, Bulut, Yabio, Ibrahim, Costa, dan gol bunuh diri Abduh Lestaluhu.

Meski bertanding di hadapan publik sendiri, Indonesia asuhan Benny Dollo gagal melangkah ke partai final Piala AFF 2008.

Baca Juga:
Diguncang Gempa, Rumah Atlet Taekwondo Abdul Rahman Rusak

Pertemuan kedua terjadi di Piala AFF 2013. Pada laga yang bertajuk semifinal, Indonesia berhasil keluar sebagai pemenang lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 pada waktu normal.

Saat itu, dua gol Indonesia berhasil dilesatkan oleh Gatot Wahyudi dan Reksa Maulana. Sementara gol Australia dicetak oleh Jamal Damain Reiners dan Kosta Petratos. Sayangnya meski mampu melangkah ke final, Indonesia gagal menjadi juara setelah dihempaskan oleh Malaysia melalui drama adu penalti.

Pertemuan teranyar terjadi di Piala AFF U-15 tahun lalu di Thailand. Pada pertandingan di Grup A, Indonesia yang sempat memimpin dua gol ditumbangkan dengan skor 3-7 oleh Australia. Tiga gol skuat Garuda Muda dicetak oleh Bagus Kahfi, sementara gol-gol Soceroos muda disumbangkan oleh Trent Ostler, brace Noah Botic, Birkan Kirdar, Ryan Teague, dan Stephan De Robillard.

Baca Juga:
Hasil Sidang Komdis PSSI, Persib Paling Banyak Kena Sanksi

Pada ajang itu pun Indonesia tak mampu berbuat banyak dengan finis di posisi kelima dari enam peserta Grup A Piala AFF U-15 2017.

Indonesia dan Australia akan kembali bersua di babak delapan besar Piala Asia U-16 2018. Kemenangan akan menjadi kado terindah bagi pasukan Fakhri Husaini dan sepak bola Indonesia untuk bisa tampil di Piala Dunia U-17 tahun depan.

Berikut rekor pertemuan Timnas Indonesia vs Australia U-16:

Baca Juga:
Ronaldo Beberkan Bedanya Ferguson, Mourinho dan Zidane

Piala AFF U-16 2008
Fase Grup: Indonesia 0-6 Australia

Piala AFF U-16 2013
Semifinal: Indonesia 2-2 Australia (Indonesia menang penalti 5-4)

Piala AFF U-16 2017
Fase Grup: Indonesia 3-7 Australia

Load More