Stephanus Aranditio
Sejumlah pemain Persib Bandung beradu mulut dengan sejumlah pemain Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor akhir 3-2. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Bolatimes.com - Anggota The Jakmania, Haringga Sirila menjadi korban ketujuh akibat rivalitas semu antara Persib Bandung dan Persija Jakarta. The Jak asal Cengkareng itu meninggal dunia sebelum kick off antara Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (23/9/2018) petang WIB.

Meski sudah dilarang oleh seluruh elemen Persija, Haringga nekat berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat menuju Stasiun Bandung pada Minggu (23/9/2018) 07:00 WIB.

Pemuda berusia 23 tahun itu pergi bisa lolos dari penjagaan pihak keamanan yang melakukan penjagaan terhadap The Jakmania yang nekat ke Bandung.

Baca Juga:
Sikap Ketum PSSI Edy Rahmayadi Terkait Kematian Haringga Sirila

''Kelincahan'' Haringga dalam menyamar melanggengkan niatnya dan sampai di ring satu Stadion Gelora Bandung Lautan Api sekitar pukul 12:00 WIB. Haringga tampak melenggang di antara kerumunan bobotoh tiga jam sebelum pertandingan di mulai.

Haringga Sirila

Pukul 13:00 WIB di area Pintu Biru Stadion GBLA, penyamaran Haringga terbongkar. Ia dikabarkan berani mengeluarkan identitas The Jakmania-nya dengan memfoto striker ''Jakartans'' yang ia bawa untuk bukti keberadaan dirinya.

Beberapa bobotoh yang melihat aksi tersebut secara spontan langsung mengejar Haringga dan berteriak kalau orang yang mereka kejar tersebut merupakan anggota The Jakmania.

Baca Juga:
3 Alasan Kuat Timnas Indonesia U-16 Bisa Kalahkan Vietnam U-16

Haringga yang jelas-jelas kalah jumlah langsung dikeroyok puluhan bobotoh di dekat gerobak pedagang bakso di GBLA. Dilihat dari video yang beredar di media sosial, bobotoh secara beringas menghajar Haringga dengan apapun benda yang berada di dekat mereka seperti kayu, piring, helm, dll.

Kejadian ini menambah daftar hitam pertemuan antara Persija Jakarta dan Persib Bandung, berdasarkan catatan Save Our Soccer sejak 2012, Haringga menjadi suporter ketujuh yang meninggal dunia sia-sia disetiap pertemuan kedua tim.

Berikut daftar korban pertemuan Persija dan Persib sejak 2012:

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 di Piala Asia U-16

1. Rangga Cipta Nugraha (Bobotoh)
Usia: 29 Tahun
Tewas saat Persija vs Persib (27/5/2012)
Penyebab: Pengeroyokan

2. Lazuardi (Bobotoh)
Usia: 17 Tahun
Tewas saat Persija vs Persib (27/5/2012)
Penyebab: Pengeroyokan

3. Dani Maulana (Bobotoh)
Usia: 17 Tahun
Tewas saat Persija vs Persib (27/5/2012)
Penyebab: Pengeroyokan

Baca Juga:
Kronologi Kematian Haringga Sirila Sebelum Laga Persib vs Persija

4. Gilang (Jakmania)
Usia: 24 tahun
Tewas saat perjalanan pulang usai laga Persija vs Persib di Solo (6/11/2016)
Penyebab: Jatuh dari kendaraan

5. Harun Al Rasyid (Jakmania)
Usia: 30 tahun
Tewas saat perjalanan pulang usai Persija vs Persib di Solo (6/11/2016)
Penyebab: Pengeroyokan di Tol Palimanan, Cirebon

6. Ricko Andrean (Bobotoh)
Tewas saat Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (22/7/2017).
Penyebab: Pengeroyokan

7. Haringga Sirla (Jakmania)
Usia: 23 tahun
Tewas jelang duel Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (23/9/2018).
Penyebab: Pengeroyokan

Load More