Stephanus Aranditio
Pemain Timnas Indonesia U-16 bersama tim official melambaikan tangan ke suporter ketika berhasil mengalahkan Timor Leste U-16 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (4/8). Indonesia menang atas Timor Leste dengan skor 3-0 dan memastikan Indonesia melaju ke babak semi final. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 akan melakoni turnamen Piala Asia U-16 di Kuala Lumpur, Malaysia mulai Jumat (21/9/2018). Skuat asuhan pelatih Fakhri Husaini ditargetkan bisa lolos ke semifinal untuk mendapatkan tiket terbang ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Performa impresif hingga meraih juara pada Piala AFF U-16 di Sidoarjo, Jawa Timur beberapa waktu lalu jadi modal berharga Bagus Kahfi cs untuk tampil percaya diri menghadapi lawan-lawan mereka di Piala Asia U-16.

Selain itu, pelatih Fakhri Husaini juga sudah melakukan pemusatan latihan di Sumatra Utara dan beberapa kali laga uji coba selama dua bulan jelang Piala Asia U-16.

Baca Juga:
Dikartu Merah, Pelatih Valencia Bela Cristiano Ronaldo

Di Piala Asia U-16, Timnas Indonesia U-16 akan berada di grup C bersama India, Vietnam dan Iran. Grup ini terbilang berat karena dihuni oleh tim raksasa, tercatat Iran pernah menjuarai turnamen ini pada 2008, sementara pencapaian terbaik Vietnam dan Indonesia adalah semifinal, meski akhirnya tumbang dan finis di posisi keempat.

Pesepak bola Indonesia U-16 David Maulana (kedua kiri) bersama teman setimnya melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Filipina U-16 pada penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

India bisa dibilang paling rendah levelnya di grup ini. Sejak digelar pada 1985 India belum pernah lolos ke semifinal, capaian terbaik mereka hanya perempat final pada 2002. Namun itu sudah berlalu, kini India datang dengan kekuatan berbeda.

Berikut Bolatimes.com coba membedah kekuatan masing-masing lawan timnas Indonesia U-16 di grup C Piala Asia U-16:

Baca Juga:
Selain di Valencia, Ini 4 Tempat Saat Ronaldo Kepergok Menangis

1. Iran

Iran adalah lawan yang paling kuat di grup C Piala Asia U-16 ini, mereka lolos ke putaran final setelah lolos dengan nilai sempurna 12 poin di babak kualifikasi. 

Skuat asuhan pelatih Abbas Chamanyan itu berhasil menyapu bersih semua pertandingan di grup C kualifikasi Piala Asia U-16. Mereka juga menjadi tim yang paling produktif dengan 15 gol dan hanya satu kali kebobolan.

Baca Juga:
5 Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 2018 Hingga Pekan ke-22

Tim berjulukan Melli Nojavanan ini memiliki pemain yang semuanya bisa mencetak gol, sembilan dari 15 gol tercipta dari tiga pemain mereka yakni Ahmad Shariat Zadeh, Alireza Bavieh, dan Amir Jafari dengan masing-masing tiga gol.

Artinya, Iran memiliki kedalaman skuat yang mumpuni, mereka tidak tergantung satu mesin gol saja. Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan Iran di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada Jumat, (21/9/2018) 16:30 WIB 

2. Vietnam

Baca Juga:
Kalah Dari Lyon, Man City Ciptakan Rekor Buruk di Liga Champions

Vietnam menjadi tim kedua yang wajib diberi perhatian ekstra, mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-16 sebagai runner-up terbaik urutan kelima di babak kualifikasi.

Pelatih Vu Hong Viet berhasil membawa Vietnam dua kali menang dan satu kali kalah di grup I, mereka mencetak 15 gol dan lima kali kebobolan.

Pemain timnas Indonesia U-16, Mochammad Supriadi (tengah) berusaha melewati pemain Vietnam U-16 Ho Van Cuong (kiri) dan Ngo Thanh Tai (kanan) dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (2/8). Indonesia menang atas Vietnam dengan skor 4-2. (ANTARA FOTO)

Lima dari 15 gol Vietnam dicetak oleh Doan Chi Bao. Timnas Indonesia U-16 akan bertemu dengan Vietnam pada laga kedua di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (24/9/2018) 20:45 WIB.

Sebagai catatan, di pertemuan terakhir Indonesia vs Vietnam terjadi di Piala AFF U-16, kala itu skuat Garuda Asia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor akhir 4-2.

3. India

India boleh saja belum pernah menembus partai semifinal, namun kini ia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-16 dengan status sebagai runner-up terbaik pertama.

Skuat asuhan Bibiano Fernandes bisa terbang ke Malaysia dengan modal satu kemenangan, dua kali imbang dan tanpa kekalahan di babak kualifikasi.

Produktivitas tim berjulukan Indian Colts tak terlalu impresif dengan lima gol dan tiga kali kebobolan. Mesin gol mereka adalah Harpreet Rulbir dengan koleksi dua gol.

India akan menjadi lawan terakhir timnas Indonesia U-16 di grup C Piala Asia U-16, laga ini akan digelar di Stadium Sains Sukan UM Arena, Kuala Lumpur, Kamis (7/9/2018) 16.30 WIB.

Jadwal timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018:

Jumat, 21 September 2018

Iran vs Indonesia pukul 16:30 WIB.

Vietnam vs India pukul 20:45 WIB.

Senin, 24 September 2018

India vs Iran pukul 16:30 WIB.

Indonesia vs Vietnam pukul 20:45 WIB.

Kamis, 27 September 2018

Iran vs Vietnam pukul 16:30 WIB.

India vs Indonesia pukul 16:30 WIB.

*seluruh pertandingan timnas Indonesia U-16 akan disiarkan oleh MNC TV.

Load More