Stephanus Aranditio
Bima Sakti dan Luis Milla (instagram/bimasakti230176)

Bolatimes.com - PSSI sudah menyiapkan beberapa nama pelatih untuk menukangi timnas Indonesia di Piala AFF 2018 yang akan digelar bulan November mendatang. Hal itu dilakukan PSSI sebagai langkah antisipasi jika Luis Milla Aspas menolak perpanjangan kontrak.

Sebagaimana diketahui, PSSI memutuskan untuk memperpanjang kontrak Luis Milla selama satu tahun. Pelatih asal Spanyol itu disiapkan untuk menukangi timnas senior pada Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019.

Menyangkut langkah antisipasi tersebut, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi enggan menyebut kandidat yang dimaksud. Edy hanya mengatakan jika calon pengganti Milla bisa dari dalam atau luar negeri.

Baca Juga:
PSSI Perpanjang Kontrak Luis Milla Hingga Tahun Depan

"Ada opsi, tapi kalau disebut nanti orangnya sakit hati. Ada yang luar dan di dalam, yang di luar masih melatih," kata Edy usai rapat Exco di The Bellezza Suites, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla memberi instruksi kepada anak asuhnya saat pemusatan latihan (PSSI)

Meski sudah menyiapkan langkah antisipasi, Edy tetap berharap Milla mau menangani skuat Garuda.

Dalam waktu dekat, PSSI akan membuka komunikasi dengan mantan pemain Barcelona itu untuk membahas perpanjangan kontrak.

Baca Juga:
Pique Sebut Paul Pogba Berpeluang Besar Berseragam Barcelona

"Segera, mulai besok akan kita komunikasikan. Terakhir Milla katanya mau bicara dengan keluarga karena terlalu sakit hati karena kalah. September ini kita desak untuk harus Luis milla yang melatih sesuai keputusan Exco," pungkas Edy.

Luis Milla saat ini sedang berada di Spanyol. Milla memilih pulang kampung sesaat setelah timnas Indonesia U-23 tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018.

Tugas Baru Bima Sakti

Baca Juga:
5 Pemain Mahal yang Gagal Bersinar di Liga Primer

Terkait pembantu Luis Milla dijajaran tim kepelatihan, Edy menyerahkan sepenuhnya kepada mantan pemain Real Madrid itu.

Namun khusus Bima Sakti yang sebelumnya menjadi asisten pelatih, beliau tidak akan lagi bersama Luis Milla di Piala AFF 2018.

Mantan pelatih Timnas U-19 Indonesia, Bima Sakti (dua dari kanan).

Edy mengatakan Bima Sakti disiapkan untuk menangani timnas U-15. Timnas U-15 ini disiapkan sebelum naik ke Timnas U-16 yang saat ini dinahkodai oleh Fakhri Husaini.

Baca Juga:
AFF Berikan Bantuan untuk Korban Gempa Lombok

"Terbentuk satu tim Usia 15, U-15 yang nantinya akan di nahkodai oleh coach Bima Sakti. Ada tunamen-turnamen ke depan yang disiapkan untuk mengantisipasi dan berjenjangnya pembinaan sepak bola yang ada di Indonesia ini," kata Edy dalam jumpa pers usai rapat Exco di The Bellezza Suites, Selasa (28/8/2018).

"Bima Sakti kita perlukan untuk bina usia muda, nanti kita ambil pembantu yang pantas untuk Luis milla yang sudah dibicarakan oleh Exco," tambahnya.

Edy menambahkan keputusan itu tidaklah mutlak. Jadi jika nantinya Milla memutuskan ingin Bima Sakti sebagai asisten, PSSI akan memberikannya.

Luis Milla diperpanjang hingga satu musim ke depan. Kini, PSSI tinggal menunggu Milla yang saat ini berada di Spanyol untuk membicarakan tanda tangan kontrak.

"Coach Milla memberikan cultur, merubah warna pesepakbolaan kita, dan membakukan pesepakbolaan kita sehingga kita tahu persis ke arah mana kami melakukan pembinaan anak-anak kita. Ini dengan adanya buku petunjuk pelaksanaan teknis pesepakbolaan Indonesia ini yang akan kita pelajari dan diharapkan bisa kita tuangkan untuk anak-anak kita," pungkas Edy.

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Load More