Stephanus Aranditio
Timnas Indonesia U-23 berfoto bersama sebelum menghadapi tim sepak bola Palestina pada pertandingan babak penyisihan sepakbola grup A Asian Games ke 18 di Stadion Patriot, Bekasi. Rabu (15/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Bolatimes.com - Laga 'hidup mati' menanti Timnas Indonesia U-23 pada babak 16 Besar sepakbola putra Asian Games 2018, Jumat (24/8/2018).

Stefano Lilipaly cs akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Sebagaimana diketahui, Indonesia lolos ke babak 16 Besar Asian Games 2018 dengan predikat juara Grup A. Sedangkan, UEA lolos sebagai peringkat ketiga terbaik dari Grup C.

Baca Juga:
Jadwal & Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs UEA

Status tuan rumah diharapkan mampu menjadi stimulus positif bagi para penggawa Timnas Indonesia U-23 untuk mengalahkan UEA.

Terkait susunan pemain, Asisten Pelatih Timnas Indonesia U-23, Bima Sakti mengisyaratkan, tak akan jauh berbeda seperti saat mengalahkan Hong Kong di laga terakhir Grup A Asian Games 2018, dengan skor 3-1.

"Formasi kemungkinan tak jauh berbeda seperti saat melawan Hong Kong, dan yang pasti harapan kami mendapat dukungan dari suporter. Karena kemarin (lawan Hong Kong) kami merasakan sekali dukungan dari pemain ke-12, dari suporter," kata Bima Sakti.

Baca Juga:
Hazard Bertahan di Chelsea, Real Madrid Kembali ke Kylian Mbappe

Pemain timnas Indonesia Saddil Ramdani (17) mengganjal pemain China Taipei Shengwei Chen (12) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

UEA tidak bisa disejajarkan dengan Hong Kong. Terlebih, Indonesia memiliki catatan buruk kala bersua tim dari kawasan Timur Tengah.

Salah satu penyebabnya karena postur tubuh para pemain Jazirah Arab yang lebih tinggi dibanding para pemain Indonesia.

Contoh teranyarnya, kala Timnas Indonesia U-23 kalah dari Palestina di penyisihan Grup A Asian Games 2018, 1-2, 15 Agustus lalu.

Baca Juga:
Zulfiandi Tetap Optimistis Meski Buta Kekuatan UEA

Mengenai permasalahan postur tubuh, Bima Sakti mengatakan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas, telah mengantisipasinya.

"Kami sudah berlatih taktik mengantisipasi permainan UEA. Coach Luis juga menyampaikan poin penting untuk pertandingan ini," ujar Bima Sakti.

"UEA tim yang bagus, kami respek terhadap mereka. Namun, keunggulan mereka yang memiliki pemain berpostur tinggi sudah kami antisipasi," mantan kapten Timnas Indonesia ini menambahkan.

Baca Juga:
Timnas Uzbekistan & Suriah Lolos ke 8 Besar Asian Games 2018

Timnas Uni Emirat Arab (UEA) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timor Leste pada pertandingan babak penyisihan sepakbola Grup C Asian Games 2018 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/8). (ANTARA/INASGOC/Novrian Arbi)

Di lain pihak, Pelatih UEA Maciej Skorza tak kalah ambisiusnya. Dia bertekad menghentikan kiprah Timnas Indonesia U-23 di babak 16 Besar Asian Games 2018.

"Status sebagai tempat ketiga terbaik tidak mengecilkan para pemain. Mereka merupakan pemain bagus yang sudah bekerja keras untuk meraih apa yang mereka inginkan," ujar Maciej terkait perjuangan anak asuhnya lolos ke 16 Besar Asian Games.

"Saya berbicara kepada pemain dan meminta mereka untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang sudah mereka raih. Mereka harus mengerahkan seluruh kemampuan yang mereka miliki demi menang dan lolos," pungkasnya.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs UEA di 16 Besar Asian Games 2018:

Timnas Indonesia U-23 (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa; Evan Dimas, Zulfiandi; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Alberto Gonçalves.

Pelatih: Luis Milla Aspas

Timnas UEA U-23 (4-4-2): Mohamed Al Shamsi; Ahmed Al Mehrzi, Esmail Al Ali, Khaled Al Dhanhani, Abdulla Al Hammadi; Shaheen Al Darmki, Majid Salim, Mohamad Al Attas, Al Ameri Zayed; Mohammed Al Mesmari, Ali Al Yahyaee.

Pelatih: Maciej Skorza

 

Berita ini sudah dimuat di suara.com

Load More