Galih Priatmojo
Selebrasi Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri usai cetak gol ke gawang Vietnam U-16 (Instagram/Galih)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 sukses menuntaskan misinya keluar sebagai kampium AFF U-16 2018 setelah melewati laga dramatis menghadapi Thailand. Dalam ajang yang digelar di Stadion Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) David Maulana dkk berhasil menekuk Thailand lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 4-3 (1-1).

Tak hanya merebut trofi AFF U-16 2018, bomber Timnas Indonesia U-16, Amiruddin Bagus Kahfi melengkapi dengan menyabet sebagai top skor AFF U-16. Pemain asal Dusun Sindas, Pancuranmas, Secang Kabupaten Magelang ini keluar sebagai top skor setelah membukukan 13 gol. Gol ke-13 didapatnya saat melakoni adu tos-tosan menghadapi Thailand semalam.

Yang menarik, selain memecahkan rekor top skor sepanjang masa yang sebelumnya dipegang duo striker Australia, pundi gol yang dikoleksi Bagus setara dengan torehan total gol yang dilesakkan Timnas Malaysia di sepanjang gelaran AFF U-16.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2018!

Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi (kanan) menendang bola yang berusaha dihalau penjaga gawang Myanmar U-16 Nay Lin Htet (kiri) dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (31/7). Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Dari catatan aseanfootball.org, skuat Harimau Malaya sepanjang gelaran AFF U-16 2018 sudah menorehkan 13 gol termasuk kala menundukkan Myanmar di perebutan tempat ketiga AFF U-16 2018.

Selain menyamai torehan total gol, koleksi gol yang dikumpulkan Bagus juga melampaui seluruh gol yang sudah diceploskan tujuh pemain Timnas Malaysia di ajang AFF U-16 2018.

Secara keseluruhan sebanyak 13 gol Timnas Malaysia U-16 dihasilkan oleh Alief Daniel (2), Muhammad Nuh Azian Syah mOhd Yusof (1), Moh Ikhwan (1), Harith Naum Jaineh (2), Muh Fahmi (2), Muh Asman (2) dan Muh Danial (1) yang jika ditotal hanya terkumpul 11 gol sedangkan sisanya berasal dari gol bunuh diri pemain lawan.

Baca Juga:
VIDEO: Iniesta Cetak Gol Debut Spektakuler di Liga Jepang

Bersama Timnas Indonesia U-16, Bagus yang didapuk sebagai top skor AFF U-16 selalu mencetak gol di sepanjang gelaran baik dari penyisihan Grup A hingga laga final.

Load More