Stephanus Aranditio
Pesepak bola Indonesia U-16 David Maulana (kedua kiri) bersama teman setimnya melakukan selebrasi ketika berhasil mencetak gol ke gawang Filipina U-16 pada penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bolatimes.com - Timnas U-16 Indonesia tanpa ampun membantai lawannya Filipina dengan skor 8-0 di laga fase penyisihan Grup A turnamen Piala AFF U16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoharjo, Jawa Timur, Minggu (29/7/2018).

Indonesia unggul 3-0 di babak pertama dan di babak kedua tim racikan pelatih Fachry Husaini itu lima kali mengoyak gawang Filipina.

Gol pertama Timnas U-16 di laga itu dicetak Supriadi ketika laga baru berjalan 2 menit. Gol itu tercipta, setelah Supriadi menerima umpan silang matang di muka gawang Filipina dari Amiruddin Bagas Kaffa di sayap kanan.

Baca Juga:
Pelatih Rusia Dapat Bintang Kehormatan dari Vladimir Putin

Unggul 1-0, Timnas U-16 Indonesia bermain lebih ganas. Berkali-kali peluang diperoleh, tetapi masih bisa dihadang oleh para pemain U-16 Filipina.

Tetapi pada menit 17, Timnas U-16 kembali membobol gawang Filipina berkat sundulan Komang Teguh Trisnanda, memanfaatkan umpan silang dari sepak pojok.

Di menit 31, Timnas U-16 kembali menambah gol. Kali ini yang mencetak gol adalah Muhammad Fajar Fathur Rahman dan sekali lagi setelah memanfaatkan umpan silang dari sepak pojok yang dikirim David Maulana.

Baca Juga:
Alvaro Morata Resmi Jadi Ayah, Ini Foto Bayinya yang Lucu

Hingga laga babak pertama berakhir pada menit 40, tak ada lagi gol tercipta di laga itu. Timnas U-16 Indonesia unggul 3-0 atas Filipina.

Di babak kedua, Indonesia tanpa menunggu waktu segera menambah keunggulan. Paru kedua baru berjalan 3 menit, Sutan Zico sudah mencetak gol lewat sundulan, sekali lagi memanfaatkan umpan David Maulana.

Unggul 4-0, serangan Timnas U-16 Indonesia bertubi-tubi menggempur gawang Filipina. Di menit 55 giliran Rendy Juliansyah yang menjebol gawang Filipina, memanfaatkan umpan Supriyadi. Skor kembali berubah menjadi 5-0.

Baca Juga:
10 Gol Terbaik di Piala Dunia 2018, Ada Messi dan Ronaldo

David Maulana yang menjadi raja assist di laga itu akhirnya mencetak gol juga. Dia mencetak gol lewat eksekusi penalti untuk mengubah skor menjadi 6-0 di menit ke 63, setelah Rendy dilanggar di dalam kotak terlarang.

Gol ketujuh dan ke delapan Timnas U-16 Indonesia di laga itu terbilang unik karena dicetak masing-masing oleh Amirudin Bagus Kahfi dan Amiruddin Bagas Kaffa, yang tak lain adalah saudara kembar.

Bagus Kahfi mencetak gol ketujuh pada menit 67, setelah memanfaatkan umpan silang Rendy dari sayap kanan. Sementara gol kedelapan dicetak Bagas Kaffa, setelah menerima umpan silang saudara kembarnya sendiri, Bagus Kahfi.

Baca Juga:
Dari 9 Nama, Harry Kane yang Paling Diinginkan Fans Real Madrid

Hingga laga berakhir, tak ada lagi gol tercipta. Timnas U-16 Indonesia unggul 8-0 atas Filipina.

Usai Pertandingan:

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menyebut bahwa kemenangan 8-0 dari Filipina U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (29/7/2018) adalah berkat doa warga Indonesia. Dukungan masyarakat itu membuat para pemainnya mampu bermain maksimal.

"Pertama, kami bersyukur menang dengan skor besar. Kemenangan ini berkat doa masyarakat Indonesia," kata Fakhri seusai pertandingan.

Selain doa, Fakhri menyebut bahwa hasil latihan selama ini juga langsung terlihat pada pertandingan malam ini. Nyatanya, skuat Timnas U-16 asuhan Fakhri memang mampu mendominasi pertandingan.

"Hasil latihan juga langsung terlihat malam ini. Mereka juga mampu bermain dengan eksekusi bagus," lanjut Fakhri Husaini.

Pelatih Indonesia U-16 Fakhri Husaini (kanan) memberikan selamat kepada tim Indonesia U-16 ketika berhasil mencetak gol ke gawang tim Filipina U-16 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7). Indonesia menang atas Filipina dengan skor 8-0. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sementara itu, hadirnya sekitar delapan ribu suporter di stadion, dinilai juga mampu menambah motivasi para pemain. Diakui Fakhri, sebelumnya para pemain Timnas U-16 tak pernah disaksikan oleh penonton sebanyak ini.

"Kami (juga) berterima kasih kepada suporter yang hadir di stadion. Terlebih, mereka (para pemain) sebelumnya tak pernah disaksikan oleh delapan ribu suporter seperti malam ini," ucapnya.

Sementara Pelatih Filipina, Reiji Hirata mengatakan, timnya memang kalah segalanya dari Indonesia, mulai dari fisik, postur tubuh, hingga mental pemain.

"Ini hasil buruk, semua tak berjalan baik. Kita juga kalah soal mental hingga postur tubuh," kata Reiji seusai pertandingan.

Dengan hasil ini, Reiji mengaku akan memperbaikinya di pertandingan selanjutnya. Ia meyakinkan, kekalahan dari Indonesia itu dapat jadi pembelajaran bagi para pemainnya.

"Ini pengalaman pertama di pertandingan internasional, tapi kami akan memperbaiki di pertandingan selanjutnya," lanjutnya.

Lebih dari itu, Reiji pun mengucapkan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 yang telah menang dengan mencetak banyak gol ke gawang timnya malam ini.

"Saya ucapkan selamat untuk Indonesia bisa memenangkan pertandingan malam ini," ujarnya.

Berikutnya, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Myanmar di laga kedua Piala AFF U-16. Laga itu akan digelar Selasa (31/7/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. 

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Load More