Galih Priatmojo
Timnas U-19/Instagram

Bolatimes.com - Skuat Timnas Indonesia U-19 memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF U-19, Sabtu (7/7/2018). Kepastian itu didapat setelah dalam laga melawan Vietnam yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, timnas U-19 menang tipis 1-0.

Gol kemenangan Indonesia dalam pertandingan ini baru didapat menjelang akhir pertandingan, tepatnya di menit 80. Adalah pemain pengganti Muhammad Rafli yang baru saja dimasukkan pada menit 64, menjadi pahlawan pencetak gol timnas U-19 malam ini.

Laga sendiri berlangsung cepat dan sengit sejak awal. Baik Indonesia maupun Vietnam, sempat bergantian saling serang. Vietnam di menit-menit awal tampak lebih dominan menggempur pertahanan Indonesia, namun untungnya tim asuhan Indra Sjafri itu masih bisa lepas dari tekanan.

Sementara sebaliknya, beberapa peluang juga kemudian sempat didapatkan para pemain Indonesia, antara lain melalui Witan Sulaiman dan Feby Eka Putra. Namun hasilnya sementara juga masih sama, belum ada yang membuahkan gol bagi Indonesia.

Memasuki babak kedua, Indra lantas melakukan beberapa pergantian pemain. Salah satunya adalah Todd Rivaldo Ferre yang masuk menggantikan Muhammad Luthfi, sebelum belakangan Indra juga memasukkan Rafli.

Masuknya para pemain baru ini cukup memberi perubahan dalam permainan Indonesia. Meskipun sementara itu, Vietnam juga masih belum mengurangi intensitas permainan mereka, serta beberapa kali kembali mengancam gawang Indonesia.

Hingga akhirnya, gol justru didapat Indonesia yang berawal dari aksi individu Todd Rivaldo di area penalti Vietnam. Saat itu, usai tembakannya yang membentur tiang gawang Vietnam, Rafli yang berdiri bebas memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol.

Timnas U-19/Instagram

Jelang menit-menit akhir pertandingan, Vietnam sendiri masih belum mau menyerah. Mereka malah sempat hampir mencetak gol balasan, antara lain di menit 90, namun untungnya masih bisa diamankan kiper Mohammad Riyandi. Skor 1-0 untuk timnas U-19 Indonesia pun bertahan sampai akhir laga.

Dengan hasil ini, Indonesia yang sudah mengumpulkan niai maksimal pun dipastikan maju ke semifinal mewakili Grup A. Meski masih menyisakan satu pertandingan yakni melawan Thailand pada 9 Juli, poin 12 milik Indonesia dari empat pertandingan sudah tak terkejar.

Load More