Galih Priatmojo
Timnas Indonesia/Instagram

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 memetik hasil sempurna di laga perdana Piala AFF U-19 2018. Gol Witan Sulaeman di menit ke-30 babak pertama, membawa Indonesia unggul dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (1/7/2018).

Sejak babak pertama dimulai, Indonesia seakan tak sabar untuk segera mencetak gol. Namun sayang, masih banyak peluang hanya disia-siakan oleh pemain depan timnas U-19, termasuk yang langsung didapat Hanis Saghara di menit pertama.

Berambisi unggul di babak pertama, permainan menyerang pun terus dilakukan oleh skuat asuhan Indra Sjafri tersebut. Hingga akhirnya di menit ke-30, gol itu didapat dari kaki Witan, lewat kerja samanya dengan Hanis.

Sepanjang sisa pertandingan babak pertama, para pemain yang dikapteni Nurhidayat bisa dikatakan menguasai permainan, serta masih menciptakan beberapa peluang lainnya. Namun tidak ada yang bisa dikonversi menjadi gol tambahan.

Memasuki babak kedua, hal serupa pun masih berlangsung. Laos sempat berusaha lebih menekan di menit-menit awal, namun akhirnya justru lebih banyak bermain di daerahnya sendiri lantaran lebih dominannya permainan Indonesia.

Beberapa peluang yang sempat tercipta lagi antara lain muncul lewat Saddil Ramdani dan Todd Rivaldo. Tapi tetap, skor 1-0 terus bertahan hingga menjelang pengujung pertandingan.

Laos sempat membuka peluang di menit terakhir lewat tendangan striker Lextoxa Thongsavah, tapi nyatanya ia masih gagal mencuri skor. Sementara itu jelang pengujung laga, salah satu pemain Laos, Phasao Sinonalath, juga harus dikartu merah setelah melanggar Todd Rivaldo.

Hingga menit ke-90 berlalu, kedua tim masih tidak bisa mengubah kedudukan. Laos akhirnya memang tidak bisa menyeimbangkan skor, sehingga skor 1-0 pun menjadi kemenangan bagi tim Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku bersyukur meski timnya hanya menang tipis di laga perdana ini atas Laos.

"Kita patut bersyukur dengan hasil awal ini. Pertandingan ini akan jadi evaluasi untuk pertandingan selanjutnya," kata Indra seperti dikutip dari Suara.com.

Sementara itu pelatih Laos, Chusak Sriphum, mengakui kekalahannya dari timnas Indonesia. Ia pun mengatakan bahwa tim Indonesia sangat kuat dan cepat.

"Indonesia bermain baik. Mereka lebih menyerang dan kami bertahan. Selamat untuk kemenangan tim Indonesia malam ini," ungkapnya.

Susunan Pemain Indonesia:
M. Riyandi, Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris (c), M. Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaiman, Firza Andika, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, Asnawi Mangkualam, Todd Rivaldo Alberth Ferre.

Susunan Pemain Laos:
Kitom Venvongsot, Xayasith Singsavang, Phimmasone Champathong, Kittisak Phomvongsa (C), Phasao Sinonalath, Nilan, Bounphachan Boungkong, Kiengthavesak Xayxanapanya, Onkeo Khamsouliya, Lextoxa Thongsavath.

Load More