Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Gunansar Papua Mandowen (kiri) saat merayakan gol ke gawang PS Tira.

Bolatimes.com - Duo penggawa Persipura Jayapura terlihat hadir di hari ketiga pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas U19 Indonesia yang digelar di Stadion UNY, Yogyakarta, Senin (21/5/2018) kemarin.

Ya, mereka adalah Gunansar Mandowen dan Todd Rivaldi yang hadir seusai membela Mutiara Hitam menghadapi Madura United, Sabtu (19/5/2018) lalu. Meski baru bergabung, mereka langsung menjalani tiga menu latihan yang diberikan tim Timnas U-19 Indonesia.

Gunansar yang baru pertama mendapat panggilan pemusatan latihan skuat Garuda Nusantara terlihat canggung, beberapa kali kontrol dan umpannya terlihat kurang sempurna.

Baca Juga:
30 Jersey Resmi Kontestan Piala Dunia 2018, Mana Paling Bagus?

Hal berbeda ditunjukan rekannya dari Papua, Todd yang sebelumnya sudah pernah mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 Indonesia. Pemilik nomor punggung 46 di Persipura itu tampak lebih cepat beradaptasi.

Kendati demikian, pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri mengaku sudah cukup puas dengan kemampuan keduanya.

Baca Juga:
VIDEO - Ramadan di Mekkah, Paul Pogba Doakan Umat Islam

"Mereka bagus, cepat, juga nyetel dengan instruksi, dan mereka juga kan sudah pernah juga kok bergabung dengan kami, jadi adaptasi bukan masalah buat mereka," kata Indra seusai mendampingi latihan di Stadion Universitas Yogyakarta (UNY), Yogyakarta.

Selain Gunansar dan Todd, Indra juga memanggil tiga nama baru. Mereka adalah M. Rafi Syahril (Barito Putera), Al Risky Dwi Pradana (Bogor FC), dan M. Firli (Bogor FC). Meski begitu, mantan arsitek Bali United itu belum menjabarkan penilaian lebih jauh.

"Di sesi latihan akan ada evaluasi, di sana kami akan sampaikan," kata Indra.

Baca Juga:
Tampar Keras Lawan, Ibrahimovic Terima Kartu Merah Pertama di MLS

Terkait kesempatan mengikuti pemusatan Timnas U-19 Indonesia kali ini, Gunansar dan Todd memiliki harapan tersendiri. Yang pasti mereka berharap bisa menjadi bagian dari skuat Garuda Nusantara di ajang Piala AFF U-19 2018 dan Piala Asia U-19.

"Pasti saya ada target secara pribadi, tapi semua terserah pelatih. Kalau saya berharap bisa masuk terpilih di skuat Timnas U-19 Indonesia," kata Gunansar.

Harapan serupa juga disampaikan Todd.

Baca Juga:
Piala Dunia 2018 - Timnas Argentina Abaikan Mauro Icardi

"Saya ingin masuk tim," ujar Todd.

Sebagai informasi, Gunansar dan Todd merupakan dua talenta Papua yang tengah bersinar di Liga 1 musim 2018.

Nama Gunansar melambung naik ketika dirinya menjadi pencetak gol termuda di Liga 1. Gol itu ia lesatkan ke gawang PS TNI, Sabtu (7/4/2018), saat usianya baru menginjak 17 tahun, 4 bulan, 24 hari.

Adik kandung dari Lukas Mandowen ini sebenarnya tak asing dengan lambang garuda di dada. Sebenarnya ia sempat tergabung di Timnas U-16 Indonesia. Gunansar juga menjadi bagian dari Persipura U-19 saat berhasil menjuarai Liga 1 U-19 musim 2017.

Gunansar Mandowen. Sumber: Liga-Indonesia.id

Sedangkan Todd, ia sebelumnya sempat mengikuti pemusatan latihan saat Timnas U-19 Indonesia yang hendak pergi ke Korea Selatan untuk menjalani kualifikasi Piala Asia U-19. Namun, saat itu ia tercoret dari skuat Garuda Nusantara.

Rivaldo Todd. (Sumber: Instagram/Persipura1963).

Usai tersingkir, permainan Todd terus menunjukan tren positif, ia bahkan menjadi bintang saat menjadi pencetak gol satu-satunya di final Liga 1 U-19 musim lalu saat menjungkalkan Persib Bandung U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, (10/08/2017). Todd juga mendapat gelar sebagai pemain terbaik Liga 1 U-19 musim 2017.

Terbaru, ia berhasil menjebol gawang Madura United sebelum memenuhi panggilan pemusatan latihan Timnas U-19 Indonesia.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More