Galih Priatmojo
PSSI/Instagram

Bolatimes.com - Drawing Piala AFF 2018 baru saja dilakukan. Dilansir dari Twitter PSSI, Indonesia masuk ke grup B. Grup ini bisa dibilang merupakan grup "neraka" sebab diisi tim kuat langganan juara Thailand, Filipina, Singapura serta pemenang babak play off antara Brunei Darusalam atau Timor Leste.

Berdasar hasil pengundian ini, Indonesia berada satu grup yang sama seperti pada Piala AFF 2016 silam. Di mana saat itu Hansamu Yama dkk masuk di grup A juga dengan Thailand, Filipina dan Singapura.

Sedikit kilas balik, pada gelaran Piala AFF 2016 lalu, Indonesia tampil sebagai skuat underdog. Baru saja mentas dari sejumlah masalah berat di tubuh PSSI, Indonesia dihadapkan pada sengitnya pertarungan di grup A kala itu.

Meski sempat diragukan banyak pihak, ternyata skuat asuhan Alfred Riedl mampu menujukkan kualitasnya. Meski harus dengan terseok-seok, timnas mampu melangkah hingga ke final.

Di babak puncak yang berlangsung dengan sistem home and away, Indonesia mampu menyelesaikan misi balas dendam atas Thailand di leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari.

Saat itu, para penggawa Garuda tertinggal lebih dulu lewat tandukan Teerasil Dangda di babak pertama. Namun Rizky Pora mampu menyamakan kedudukan di paruh awal babak kedua. Hansamu Yama menjadi penentu setelah tandukannya berhasil memastikan kemenangan untuk Indonesia di paruh akhir babak kedua. Skor akhir 2-1 untuk Indonesia.

Sayang langkah Indonesia untuk merengkuh gelar Piala AFF pertamanya kandas setelah kalah di leg kedua yang digelar di Stadion Rajamangala. Thailand melumat Indonesia dengan skor 2-0 dengan skor akhir agregat (3-2).

Kini di bawah besutan Luis Milla, Timnas Indonesia mulai menunjukkan progres yang positif. Dengan persiapan yang lumayan matang, Timnas yang saat ini banyak didominasi pemain muda sangat diharapkan mampu mewujudkan mimpi untuk merengkuh Piala AFF 2018.

Dengan peta kekuatan yang makin merata, tentu ini jadi tantangan yang tak mudah bagi Luis Milla. Mudah-mudahan Indonesia bisa menunjukkan kelasnya ya.

Load More