Pipin Lukmanul Hakim
Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali bersama Shin Tae-yong menyaksikan skuad timnas Indonesia berlatih jelang menghadapi Jepang di Piala Asia. (PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong berharap skuad Garuda bisa tampil bagus menghadapi Jepang di laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 Qatar.

Shin Tae-yong pun tak menampik fakta bahwa Jepang merupakan tim nomor satu di Asia sekarang ini.

Berdasarkan ranking FIFA, per Desember 2023, Jepang menduduki peringkat 17 atau tertinggi di antara negara-negara Asia lainnya.

Baca Juga:
Ketua Umum PSSI Erick Thohir Dukung Langsung Timnas Indonesia Hadapi Jepang di Qatar: Sejarah Harus Dibuat

Apalagi, tim Samurai Biru rutin tampil di Piala Dunia sejak tahun 1998. Mereka tak pernah absen dalam tujuh edisi terakhir, (1998, 2002, 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022).

Selain itu, di Piala Asia juga Jepang menjadi pengoleksi gelar terbanyak, mulai dari tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Namun, Shin Tae-yong berharap para pemain Indonesia tidak inferior dengan catatan Jepang tersebut.

Baca Juga:
Timnas Jepang vs Indonesia: Skuad Garuda Tak Butuh Keajaiban, Saatnya Catat Sejarah Kalahkan Samurai Biru

Lewat pertandingan kontra Jepang, Shin ingin membuktikan kalau level sepak bola Indonesia mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik.

"Tentu saja, Jepang adalah tim tertinggi di AFC, tim nomor satu Asia. Mungkin ini akan menjadi pertarungan yang sulit bagi kami, tetapi kami ingin menunjukkan penampilan yang bagus," kata Shin Tae-yong.

"Sejauh ini, kami sudah menyiapkan dengan baik, dan saya ingin menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia telah berkembang dengan baik," sambungnya.

Baca Juga:
Sandy Walsh Ingin Timnas Indonesia Fight Lawan Jepang, Meski 'Karpet Merah' Terbuka untuk Babak 16 Besar Piala Asia

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengutarakan, bahwa skenario Indonesia melaju ke babak 16 besar tanpa bertanding sudah terbuka, ia akan sangat senang.

Namun, bukan itu yang dipikirkan, tetapi bagaimana Indonesia akan bermain melawan Jepang dengan hasil persiapan teknis yang lebih baik.

"Kita memang memiliki banyak skenario untuk menuju babak 16 besar. Dan ya, tentu saja saya akan sangat senang jika kita bisa ke 16 besar sebelum kita memainkan pertandingan dengan Jepang," kata Shin.

Baca Juga:
Coach Justin Dorong PSSI untuk Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong: Kalau Lu Ganti Pelatih, Garansi Apa akan Lebih Bagus?

"Tetapi, saya tidak memikirkan hal tersebut. Saya hanya memikirkan bagaimana kami akan memainkan pertandingan melawan Jepang, beberapa persiapan teknis, dan beberapa detail. Saya tak peduli dengan hasil dari tim-tim lain," sambungnya.

Load More