Pipin Lukmanul Hakim
Berikut prediksi timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023 Qatar, simak head to head, prediksi susunan pemain, dan jadwal siaran langsung RCTI. (Instagram/@timnas.indonesia).

Bolatimes.com - Prediksi timnas Indonesia hadapi Jepang pada matchday ketiga Grup D Piala Asia 2023, peluang kemenangan berada di tim Samurai Biru.

Pertemuan Jepang vs Indonesia akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Rabu, (24/1/2024) pukul 18.30 WIB.

Adapun jadwal siaran langsung timnas Indonesia vs Jepang dapat disaksikan melalui televisi nasional RCTI, dan live streaming Vision+.

Baca Juga:
Selangkah Lagi Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong Ukir Sejarah di Piala Asia 2023

Sekarang ini, timnas Indonesia menduduki peringkat ketiga klasemen Grup D Piala Asia 2023 dengan koleksi 3 poin.

Jika kedua tim bermain seri, skuad Garuda akan mendapatkan tiket untuk melenggang ke babak 16 besar Piala Asia lewat jalur peringkat 3 terbaik.

Terlebih lagi, jika timnas Indonesia menang. Tiket lolos fase gugur sebagai runner-up akan bisa diamankan oleh skuad Merah Putih.

Baca Juga:
Kiper Persib Berpeluang Tampil Saat Timnas Indonesia Hadapi Thailand dan Uzbekistan

Namun, hasil realistis laga ini adalah kalah. Dengan demikian, timnas Indonesia akan mendapatkan 3 poin dengan selisih gol yang minus lebih dari -1.

Andai hal tersebut terjadi, skuad Garuda perlu memperhatikan hasil pertandingan tim-tim lain di Grup A hingga F, yang bisa jadi kunci nasib skuad Shin Tae-yong.

Pertandingan melawan Jepang merupakan laga terberat Indonesia di Grup D. Pasalnya, Samurai Biru tim peringkat 17 FIFA dalam ranking edisi Desember 2023.

Baca Juga:
Cara Menyerang Man City Bisa Matikan Timnas Indonesia, Ini Janji Hiroki Ito untuk Tutupi Rasa Malu di Piala Asia

Kondisi tersebut, kontras dengan pasukan Garuda yang menduduki posisi 146 ranking FIFA. Tetapi, peluang sekecil apapun mesti dirawat oleh timnas Indonesia.

Pemain timnas Indonesia, Justin Hubner mengatakan, bahwa semua pemain menatap serius pertandingan lawan Jepang.

"Kami sekarang akan bersiap untuk pertandingan melawan Jepang. Kami akan berlatih keras, dan memastikan bahwa kami siap menghadapi mereka," kata Justin Hubner, dikutip dari laman PSSI.

Baca Juga:
Gol Ketiga Persib Disebut 'Koneksi Teman Sekamar'

Di samping itu, Jepang yang kalah dari Irak di laga kedua, dipastikan akan berupaya untuk bangkit pada laga pamungkas fase grup.

Oleh karena itu, pelatih Hajime Moriyasu menegaskan, timnya akan mengincar 3 poin agar bisa lolos babak 16 besar Piala Asia 2023.

"Kami harus belajar dari kekalahan yang kami terima dari Irak. Para pemain sudah bekerja sangat keras, dan turnamen belum berakhir. Kami harus bersiap menghadapi indonesia di laga terakhir untuk meraih kemenangan," kata Hajime.

Head to Head Indonesia vs Jepang

11/06/1989 Jepang 5-0 Indonesia

28/05/1989 Indonesia 0-0 Jepang

14/09/1981 Jepang 2-0 Indonesia

24/02/1981 Indonesia 2-0 Jepang

11/07/1979 Jepang 0-0 Indonesia

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (5-4-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Rizki Ridho, Sandy Walsh, Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Iver Jenner, Shayne Pattynama, Marselino Ferdinan; Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong

Jepang (4-2-3-1): Zion Suzuki; Takehiro, Ko Itakura, Shogo, Hiroki Ito; Wataru Endo, Hidemasa Morita; Junya Ito, Takefusa, Takumi Minamino; Takuma Asano.

Pelatih: Hajime Moriyasu.

Load More