Kurnia Hartadi | Kurnia Hartadi
Luciano Spalletti pelatih anyar Timnas Italia. (FIGC)

Bolatimes.com - Spanyol, Kroasia dan Albania akan menjadi lawan kuat juara bertahan Italia pada fase Group UEFA Euro 2024 berdasarkan hasil undian yang diadakan di Hamburg Jerman.
 
Tergabung di Group B yang dihuni tim kuat, tidak diragukan merupakan group yang sangat sulit mirip dengan Group 1 pada Euro 2012.
 
Waktu itu, Italia tergabung bersama dengan Spanyol, Kroasia dan Republik Irlandia, Tim Azzurri finis diurutan kedua pada fase penyisihan bahkan melenggang hingga ke partai puncak namun dikalahkan oleh Spanyol.
 
Memori kelam kekalahan tersebut masih membekas hingga kini, kala itu Italia dibantai Spanyol dengan skor telak 4-0.
 
“Ini group yang sulit, berada di pot 4 berarti anda menghadapi banyak tim di depan, tapi tidak ada yang bisa menghilangkan fakta bahwa kami adalah Italia,” ujar Luciano Spalletti.
 
“Kami akan pergi dan menghadapi Spanyol, jika tidak maka tidak akan ada kesenangan dalam bermain bola,” ujarnya.
 
Spalletti juga mengakui bahwa Kroasia adalah tim yang kuat dan berpengalaman, sedangkan Albania merupakan tim yang patut diwaspadai.
 
Menurutnya saat ini masih terlalu sulit untuk memprediksi tim yang akan lolos ke babak 16 besar, semuanya memiliki peluang yang sama.
 
“Saat ini terlalu sulit untuk membuat prediksi, kita harus melihat bagaimana setiap tim tampil di Euro,” sambungnya.
 
Sementara itu, Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) Gravina menyebut timnya tidak akan terlalu fokus pada tim lawan, menurutnya tidak ada tim yang tidak bisa dikalahkan Italia.
 
“Saya tidak akan terlalu fokus pada kekuatan lawan kami, karena kami telah menunjukkan bahwa ketika kami mengerahkan seluruh energi kami, tidak ada tim yang tidak dapat kami kalahkan,” ujar Gravina.
 
Tim Azzurri akan mengandalkan dukungan dari pemain ke-12 mereka, yakni komunitas Italia yang berada di Jerman.
 
“Fans Italia tentu saja pemain ke-12 kami,” ujarnya.(*)
 

Load More