Irwan Febri Rialdi
Timnas Irak saat beruji coba melawan Yordania. (Dok. Irak FA)

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Timnas Irak yang Abroad atau berkarier di luar negeri jelang duelnya melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Dalam beberapa bulan ke depan, Timnas Indonesia akan rutin bersua Irak mengingat keduanya berada dalam satu grup di putaran kedua (R2) Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia dan Irak tergabung di grup F bersama dengan Vietnam dan juga Filipina.

Nantinya pada ajang ini, skuad Garuda akan bersua Irak sebanyak dua kali dengan format Home-Away pada tanggal 16 November 2023 dan 6 Juni 2024.

Lalu di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia juga tergabung di grup yang sama dengan tim berjuluk Singa Mesopotamia tersebut.

Baik Timnas Indonesia dan Irak tergabung di grup D Piala Asia 2023 bersama dengan Vietnam dan Jepang. Nantinya, setiap negara hanya akan bersua sekali saja pada bulan Januari 2023.

Karena akan rutin bersua dengan Irak, Timnas Indonesia sendiri sudah memantau permainan lawannya tersebut dengan mengirim analis.

Tak hanya memantau gaya bermain Irak, analis yang dikirim Timnas Indonesia itu dimaksudkan untuk memantau sederet pemain di kubu Singa Mesopotamia.

Sebagai salah satu kekuatan sepak bola di Asia, Irak sendiri tergolong tim kuat yang dihuni oleh sederet pemain kelas wahid di skuadnya.

Tak tanggung-tanggung, pemain yang dimiliki oleh tim besutan Jesus Casas saat ini kebanyakan berkarier di luar negeri atau Abroad.

Di Turnamen Internasional Yordania 2023 pada FIFA Matchday Oktober 2023 kemarin yang turut dipantau tim analis Timnas Indonesia, Irak membawa total 23 pemain.

Dari 23 pemain yang dibawanya itu, 13 pemain atau lebih dari separuhnya merupakan pemain yang Abroad atau berkarier di luar negeri.

Para pemain Abroad Irak ini mayoritas bermain di Eropa, baik itu di Inggris, Portugal, Belanda, Swedia, Prancis, Norwegia, hingga Republik Ceko.

Lalu ada pula pemain Abroad yang berkarier di negara-negara Asia seperti Qatar, Iran, dan bahkan juga di Asia Tenggara, yakni Thailand.

Berikut daftar pemain Abroad Timnas Irak di skuadnya saat berpartisipasi di Turnamen Internasional Yordania 2023 pada FIFA Matchday Oktober 2023 kemarin.

1. Fahad Talib (Kiper) (Sanat Naft Abadan/Iran)
2. Ali Adnan (Bek) (Mes Rafsanjan/Iran)
3. Rebin Sulaka (Bek) (Brommapojkarna/Swedia)
4. Frans Putros (Bek) (Port FC/Thailand)
5. Merchas Doski (Bek) (FC Slovacko/Republik Ceko)
6. Masies Artien (Bek) (Spakenburg/Belanda)
7. Bashar Resan (Gelandang) (Qatar SC/Qatar)
8. Osama Rashid (Gelandang) (Vizela/Portugal)
9. Amir Al-Amari (Gelandang) (Halmstad/Swedia)
10. Ahmad Allee (Gelandang) (Rouen/Prancis)
11. Danilo Al-Saeed (Gelandang) (Sandefjord/Norwegia)
12. Ali Hayder (Gelandang) (Stoke City Academy/Inggris)
13. Ali Al-Hamadi (AFC Wimbledon/Inggris)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More