Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia vs Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah berhasil mengalahkan Brunei Darussalam untuk kali kedua dengan skor 6-0 di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/2023) malam WIB.

Secara agregat, skuad Garuda menang 12-0. Itu setelah pertemuan pertama Timnas Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam 6-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada 12 Oktober lalu.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim asuhan Shin Tae-yong tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia langsung mengurung pertahanan Brunei Darussalam sejak dimulainya pertandingan. Terbukti, gol cepat pun tercipta pada menit keenam.

Hokky Caraka mencetak gol pertamanya di Timnas Indonesia senior usai umpan terobosan Sandy Walsh diterima dengan baik olehnya. Skor 1-0 untuk skuad Garuda di menit keenam.

Gempuran terus dilancarkan armada Shin Tae-yong meski sudah unggul 1-0. Tapi, tidak banyak peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah gol karena pertahanan Brunei begitu kokoh.

Seperti pada menit ke-25 di mana umpan manis Witan Sulaeman tidak bisa dijadikan sebuah gol oleh Dendy Sulistyawan. Padahal, Dendy sudah berhadapan langsung dengan penjaga gawang.

Sampai dengan menit ke-35 Timnas Indonesia masih belum berhasil menggandakan keunggulan. Serangan yang dilakukan selalu bisa dipatahkan pemain-pemain Brunei Darussalam.

Adapun Brunei sesekali membahayakan gawang Timnas Indonesia. Namun, Ernando Ari masih bisa mengantisipasinya dengan baik.

Gol kedua baru tercipta pada menit ke-42. Bola sundulan dari Hokky Caraka dengan mudah dimasukkan ke dalam gawang oleh sepakan Egy Maulana Vikri. Skor 2-0!

Tidak lama setelah gol kedua, Hokky Caraka mencetak brace. Gol pemain PSS Sleman itu skemanya hampir sama seperti yang pertama tapi memanfaatkan umpan Witan Sulaeman.

Tidak ada gol sampai turun minum. Timnas Indonesia sementara unggul 3-0 di babak pertama.

Witan Sulaeman menambah gol keempat pada menit ke-47. Witan Sulaeman mencatatkan namanya di papan skor usai gol yang dicetaknya dari titik putih.

Setelah usaha cukup lama, Timnas Indonesia membuat skor menjadi 5-0 pada menit ke-64. Umpan sepak pojok Asnawi Mangkualam gagal diantisipasi pemain Brunei. Rizky Ridho yang mendapat bola liar dengan mudah memasukan bola ke dalam gawang.

Di babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan sejumlah nama beken. Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, hingga Ramadhan Sananta dimasukkan pelatih asal Korea Selatan itu.

Ramadhan Sananta mencetak gol pada menit ke-82. Pemain Persis Solo itu bobol gawang Brunei Darussalam dengan cara yang indah usai memanfaatkan umpan Rachmat Irianto.

Tidak ada gol sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Timnas Indonesia menang telak 6-0.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Timnas Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Shayne Pattynama, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Sandy Walsh; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Dendy Sulistyawan, Hokky Caraka.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Brunei Darussalam (4-4-2): Haimie Nyaring; Nazhan Zulkifli, Aliner Rashimy, Hanif Hamir, Yura Indera Putra; Hendra Azam, Haziq Kasyful, Nur Asryraffahmi, Hakeme Yazid; Abdul Aziz Ali, Khairil Shahme.

Pelatih: Mario Rivera.

Load More