Irwan Febri Rialdi
Jepang saat mencukur Pakistan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Calon lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, yakni Jepang, sedang dalam tren positif. Dalam lima pertandingan terakhir yang Jepang lakoni, mereka selalu berhasil meraih kemenangan.

Tak sekadar menang, mereka  menang dengan skor telak.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berada di Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Skuad Samurai Biru menjadi lawan paling berat di atas kertas.

Bukan hanya banyaknya pemain Jepang yang berkarier di klub-klub top Eropa, tapi performa mereka yang juga impresif bersama klub masing-masing.

Ini menjadi sinyal bahaya buat Jordi Amat dan barisan belakang Timnas Indonesia karena Jepang yang sedang on fire jelang Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.

1. Jepang 4-1 Kanada

Kemenangan teranyar Jepang di laga uji coba hadir saat mereka menghancurkan Kanada pada Jumat (13/10). Jepang menang telak 4-1.

Jepang bahkan mampu unggul empat gol tanpa balas lewat brace Ao Tanaka, gol bunuh diri Anthony Davies, dan gol Keito Nakamura sebelum Kanada mencetak gol balasan lewat David Hoilett.

2. Jepang 4-2 Turki

Pada FIFA Matchday September lalu, Jepang melakukan tur Eropa. Salah satu tim yang dilawan adalah Turki pada 12 September 2023 di Belgia.

Jepang mampu meraih kemenangan telak dengan skor 4-2 atas Turki. Empat gol Jepang dicetak oleh Atsuki Ito, Junya Ito, dan dua gol Keito Nakamura.

3. Jepang 4-1 Jerman

Salah satu kemenangan sensasional Jepang di tahun 2023 ini adalah saat mereka berhasil menghancurkan Jerman dengan skor 4-1.

Semakin istimewa karena kemenangan telak ini diraih Jepang saat bermain di kandang Jerman di Wolfsburg pada 9 September 2023.

4. Jepang 4-1 Peru

Bertanding melawan Peru pada 20 Juni 2023 di ajang Kirin Challenge Cup 2023, Jepang tampil luar biasa dengan meraih kemenangan 4-1.

Bertanding Panasonic Stadium Suita, empat gol Jepang dicetak oleh Hiroki Ito, Kaoru Mitoma, Junya Ito, dan Daizen Maeda. Satu-satunya gol balasan Peru dicetak Christofer Gonzales Crespo.

5. Jepang 6-0 El Salvador

Pada awal-awal tahun 2023, Jepang memang hanya melawan negara-negara dari Benua Amerika. Jepang mampu mengalahkan El Salvador dengan skor telak 6-0.

Jepang bahkan sudah mampu mencetak gol di menit pertama lewat Shogo Taniguchi yang disusul gol-gol dari Ayase Ueda, Takefusa Kubo, Ritsu Doan, Keito Nakamura, dan Kyogo Furuhashi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More