Irwan Febri Rialdi
Pemain Borneo FC Matheus Pato. (dok. Liga Indonesia Baru)

Bolatimes.com - Mantan penyerang Borneo FC asal Brasil, Matheus Pato, tampil apik bersama Shandong Taishan. Terkini, ia berhasil mencetak gol debut di ajang Liga Champions Asia 2023/23.

Debut Pato bersama Shandong Taishan di Liga Champions Asia 2023/24 sendiri dimulai saat bertandang ke markas wakil Filipina, Kaya FC.

Pada pertandingan Grup G yang berlangsung, Selasa (19/9/2023) itu, Shandong Taishan menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas Kaya FC.

Matheus Pato yang diturunkan sebagai starter, mampu membayar tuntas kepercayaan itu dengan mencetak satu gol buat Shandong di menit ke-71.

Shandong Taishan sebelumnya sudah unggul 1-0 lewat Moises Lima Magalhaes di menit ke-63 dan memastikan kemenangan lewat gol Crysan di menit 90+5.

Atas kemenangan ini, Shandong Taishan menempati peringkat kedua di papan klasemen Grup G Liga Champions 2023/24. Mereka kalah produktivitas gol dari Incheon yang mengalahkan Yokohama F Marions 4-2.

Bagi Pato sendiri, gol ke gawang Kaya FC menjadi gol keduanya sejak bergabung dengan Shandong Taishan pada pertengahan Juli lalu dari Borneo FC.

Berstatus sebagai top skor Liga 1 2022/23 dengan torehan 25 gol, Matheus Pato sempat digadang-gadang tak akan kesulitan untuk memperlihatkan penampilan serupa di China.

Namun pemain berusia 28 tahun itu nyatanya cukup kesulitan bahkan mendapat kritikan dari media lokal sana karena belum mampu tampil tajam.

Bukan tanpa sebab, Pato baru mencetak satu gol buat Shandong Taishan di Liga Super China. Itu pun dicetaknya melalui tendangan penalti saat melawan MZ Hakka.

Selain masalah ketajaman yang belum terlihat, Matheus Pato juga cukup kesulitan mendapatkan menit bermain. Ia tak pernah bermain penuh 90 menit, termasuk saat melawan Kaya FC.

Dari enam kali penampilan, ia baru tiga kali dipercaya menjadi starter. Bahkan dua di antaranya langsung ditarik saat memasuki babak kedua.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More