Irwan Febri Rialdi
Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim. [dok. LIB]

Bolatimes.com - Berikut tiga klub calon pelabuhan baru Wiljan Pluim, seiring munculnya rumor bahwa dirinya akan meninggalkan PSM Makassar jelang bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024.

Rumor bakal hengkangnya Wiljan Pluim muncul ke permukaan setelah pemain berpaspor Belanda itu sudah lama tak terlihat di skuad PSM Makassar.

Kabar terakhir menyebutkan jika pemain berusia 34 tahun itu terakhir terlihat di skuad besutan Bernardo Tavares saat PSM Makassar menghadapi Yangon United.

Sejak saat itu, Pluim pun kerap tak terlihat dari pertandingan-pertandingan yang dilakoni tim berjuluk Juku Eja tersebut.

Bahkan di sesi latihan pun, batang hidungnya tak terlihat yang memperkuat rumor bahwa dirinya akan angkat kaki dari klub kebangaan kota Makassar itu.

Banyak yang memprediksi, rumor absen dan bakal hengkangnya Pluim tak lepas dari persoalan gaji yang menimpa PSM belakangan ini.

Sebagai informasi, belakangan PSM memang menjadi sorotan usai para pemainnya mulai buka suara di media sosial terkait gaji yang telat dibayarkan.

Jika benar Pluim bakal pergi dari PSM karena persoalan gaji ini, setidaknya ada tiga klub besar Indonesia yang diprediksi mau menampungnya di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024.

Lantas, klub mana saja yang bakal jadi pelabuhan baru Wiljan Pluim jika memutuskan hengkang dari PSM Makassar nanti? Berikut daftarnya.

1. Persib Bandung

Persib Bandung dirumorkan menjadi tim terdepan yang bakal menampun Wiljan Pluim andal dirinya memutuskan pergi dari PSM Makassar.

Dari segi keuangan, Persib merupakan salah satu tim yang punya keuangan paling stabil di sepak bola Indonesia, sehingga persoalan gaji tak akan jadi masalah.

Selain itu, Persib membutuhkan gelandang baru di skuadnya, mengingat Levy Madinda yang baru didatangkan, hanya berstatus pemain pinjaman hingga Desember 2023 nanti.

2. Persis Solo

Usai memboyong Ramadhan Sananta, Persis Solo juga bisa membawa Wiljan Pluim dari PSM Makassar di bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024 ini.

Persis Solo juga merupakan salah satu klub sultan yang punya keuangan stabil, yang terbukti dari banyaknya bintang kelas wahid yang didatangkan.

Secara skuad, kuota pemain asing Persis Solo memang sudah penuh. Tapi bisa saja Laskar Sambernyawa mendepak salah satu pemain asingnya seperti Fernando Rodriguez atau David Gonzalez demi memfasilitasi kehadiran Pluim.

3. Dewa United

Dewa United diam-diam juga bisa menjadi pelabuhan baru Wiljan Pluim, mengingat koneksi Belanda yang ada di tubuh tim berjuluk Tangsel Warrior itu.

Secara finansial, Dewa United juga disebut-sebut punya keuangan yang stabil yang terbukti dari deretan bintang yang diboyong pada bursa transfer jelang Liga 1 2023/2024.

Hanya saja, Dewa United harus mengorbankan salah satu pemain asing bebasnya jika ingin mendatangkan Pluim. Sejauh ini, kualitas pemain asing bebasnya terbilang cukup mentereng.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More