Irwan Febri Rialdi
Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. (Instagram/m.ramadhansn)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-24 menghadapi sejumlah kerugian setelah Persis Solo memastikan untuk tidak melepas Ramadhan Sananta pada ajang Asian Games 2022

Sebelumnya, Persis Solo sudah menyatakan surat kepada PSSI bahwa mereka tak bisa melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24 karena krisis lini serang untuk menghadapi Liga 1 202232024.

“Keputusan ini kami ambil dengan mempertimbangkan peran vital Sananta dalam tim untuk melakoni kompetisi BRI Liga 1, sekaligus menimbang kondisi tim yang sedang memiliki opsi terbatas untuk pemain di posisi penyerang,” bunyi pernyataan Persis.

“Saat ini, ada 3 penggawa lini serang Persis yang harus absen; Irfan Jauhari mesti menepi karena menderita cedera ACL pasca memperkuat Tim Nasional Indonesia di ajang AFF U-23, Arkhan Kaka harus menjalani menjalani training camp di Jerman guna persiapan Piala Dunia U-17, dan Fernando Rodriguez harus bertolak ke Spanyol untuk keperluan keluarga,” lanjutnya.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga kerugian yang dialami Timnas Indonesia U-24 karena tak diperkuat Ramadhan Sananta di Asian Games 2022.

1. Kehilangan Striker Tajam

Timnas Indonesia U-24 jelas kehilangan sosok juru gedor yang tajam karena tak bisa membawa Ramadhan Sananta di Asian Games 2022. Striker berusia 20 tahun itu sudah membuktikan kapasitasnya dalam menjebol gawang lawan.

Bersama Persis Solo di musim ini, Sananta sudah mencetak lima gol. Ini menjadi torehan tertinggi di antara seluruh striker lokal yang ada di Liga 1 2023/2024. 

Tak hanya itu, Sananta juga sudah membuktikan kualitasnya sebagai penyerang top ketika memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Absennya Sananta jelas menjadi kerugian besar.

2. Agresivitas Lini Serang

Ramadhan Sananta merupakan salah satu penyerang yang cukup agresif. Keberaniannya dalam melakukan duel-duel dengan bek lawan adalah salah satu keunggulan pemain asal Persis Solo tersebut.

Dengan absennya Sananta, lini serang Timnas Indonesia U-24 akan kehilangan agresivitas ini. Sebab, tak ada penyerang yang memiliki kekuatan seperti Sananta untuk melakukan duel-duel dengan pemain lawan.

Indra Sjafri tentu harus memutar otak untuk mencari solusi agar bisa mengatasi permasalahan ini di Asian Games 2022.

3. Stok Penyerang Menipis

Absennya Ramadhan Sananta ternyata juga bakal membuat lini serang Timnas Indonesia U-24 kehilangan daya dobrak. Saat ini, hanya ada beberapa pemain saja yang dipanggil Indra Sjafri di posisi ini.

Mereka adalah Ramai Rumakiek dan Titan Agung. Jika dibandingkan dengan Sananta, kedua penyerang ini tentu masih belum sepadan kualitasnya dalam menjebol gawang lawan.

Keduanya bakal mendapatkan beban yang berat karena jadi tumpuan Timnas Indonesia U-24 untuk mencetak gol di Asian Games 2022. 

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More