Irwan Febri Rialdi
Penyerang Polandia, Robert Lewandowski gagal eksekusi penalti usai ditepis kiper Meksiko, Guillermo Ochoa. (AFP)

Bolatimes.com - Mengupas fakta di balik misteri debut Robert Lewandowski bersama Timnas Polandia yang disebut-sebut bermain sebagai bek kanan. Benarkah misteri tersebut?

Dunia sepak bola banyak menghadirkan kisah menarik dari lapangan hijau. Salah satunya adalah mengenai debut Robert Lewandowski di Timnas Polandia.

Dalam beberapa literatur yang ada, disebutkan bahwa penyerang andalan FC Barcelona itu melakoni debutnya di Timnas Polandia sebagai bek kanan.

Kejadian tersebut terjadi 10 September 2008 silam, saat Lewandowski yang baru berusia 20 tahun melakoni debutnya saat Polandia berhadapan dengan San Marino di Kualifikasi Piala Dunia 2010.

Saat itu, Lewandowski mencatatkan debutnya bagi Polandia sebagai pemain pengganti, menggantikan Marek Saganowski di menit ke-59.

Hanya butuh waktu delapan menit saja, Lewandowski berhasil mencatatkan gol dan membuatnya menjadi pemain kedua termuda di Polandia yang mencetak gol di laga debutnya.

Eks penyerang Bayern Munich ini mencetak golnya dengan sontekan terukur, memanfaatkan bola liar hasil sepakan rekannya yang membentur tiang di depan gawang.

Usai mencetak gol itu, terlihat di layar kaca bahwa Lewandowski berstatus pemain bertahan atau bek, seperti yang terlihat di video di bawah ini.

 

Sontak hal tersebut diyakini banyak pihak bahwa Lewandowski melakoni debutnya di Polandia sebagai bek. Bahkan debut ini terus menjadi perbincangan oleh netizen.

Tapi, apakah benar klaim yang menyebut Robert Lewandowski bermain sebagai bek saat mencatatkan debutnya dan gol pertamanya bagi Polandia?

Kesalahan Penyiar

Jika ditelusuri lebih jauh, sejatinya klaim Robert Lewandowski melakoni debut sebagai bek bagi Polandia tersebut merupakan klaim yang salah kaprah.

Hal ini menjadi pembahasan seorang netizen di media sosial Twitter (X) bernama @Rosell___. Ia membongkar fakta tersebut saat membalas cuitan dari akun @ESPNFC.

Semula, akun @ESPNFC mengunggah foto debut Lewandowski Polandia disertai cuitan mengklaim bahwa sang penyerang melakoni debut sebagai bek.

“Pada hari ini di tahun 2008, Bek Robert Lewandowski mencatatkan debutnya bagi Polandia,” bunyi kicauan akun @ESPNFC.

Cuitan itu kemudian dibalas oleh @Rosel___ yang menyebut bahwa akun @ESPNFC membuat kebohongan karena faktanya Lewandowski debut sebagai penyerang, bukan sebagai bek.

Klaim akun @Rosel___ itu kemudian ditimpali oleh netizen lainnya yang menyebut bahwa Broadcaster atau penyiar pertandingan melakukan kesalahan saat menuliskan posisi Lewandowski di layar kaca.

Setelah ditelusuri lebih jauh, memang benar jika Lewandowski melakoni debutnya bagi Polandia sebagai penyerang, bukan sebagai bek seperti yang diyakini banyak pihak saat ini.

Hal ini terbukti dengan pergantian pemain yang dilakukan Polandia di laga tersebut. Saat itu, Lewandowski masuk menggantikan Marek Saganowski.

Marek Saganowski sendiri bukan berposisi sebagai bek, melainkan Second Striker di belakang Ebi Smolarek selaku penyerang utama di pertandingan itu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa klaim Lewandowski debut di Timnas Polandia sebagai bek merupakan klaim yang salah kaprah dan telah salah diyakini banyak pihak hingga saat ini.

Load More