Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Timnas Belanda saat mengalahkan Irlandia. (Instagram/@officialknvb)

Bolatimes.com - Hasil lengkap sepak bola tadi malam dalam pertandingan Kualifikasi EURO 2024, Minggu hingga Senin (11/9/2023) dini hari WIB. Belanda berhasil bungkam Irlandia hingga Yunani yang membantai Gibraltar.

Duel Irlandia vs Belanda dalam matchday ke-6 Kualifikasi EURO 2024 berlangsung sengit. De Oranje tertinggal lebih dulu sebelum menang 2-1 di Stadion Aviva, Dublin.

Timnas Irlandia unggul lebih dulu saat laga baru berjalan empat menit melalui penalti Adam Idah.

Namun, Belanda berhasil membalasnya dengan cepat pada menit ke-19 melalui Cody Gakpo yang juga lewat titik putih.

Kemenangan Belanda bisa ditentukan pada babak kedua tepatnya di menit ke-56. Eks striker Manchester United, Wout Weghorst mencetak gol kemenangan itu.

Para pemain timnas Belanda bertepuk tangan kepada para penggemar usai pertandingan ke-6 Grup B kualifikasi EURO 2024 antara Republik Irlandia vs Belanda di Stadion Aviva di Dublin, Irlandia pada 10 September 2023.PAULUS IMAN / AFP.

Irlandia sendiri mendapat tendangan penalti setelah bek tengah Belanda, Virgil van Dijk dinyatakan handball di kotak terlarang timnya.

Idah selaku eksekutor berhasil melepaskan tendangan penalti dengan sangat tenang untuk menaklukan kiper Mark Flekken.

Sementara Belanda balas mendapat hadiah penalti usai bek sayap Denzel Dumfries dijatuhkan Gavin Bazunu di kotak terlarang pada menit ke-18.

Cody Gakpo yang merupakan striker andalan Liverpool tidak menyia-nyiakan hal itu. Dia melepaskan tembakkan keras yang meski arahnya dibaca Bazunu, tetapi sukses meluncur deras untuk menggetarkan gawang Irlandia.

Belanda berhasil berbalik unggul setelah Wout Weghorst mengonversi umpan silang Denzel Dumfries di muka gawang.

Striker yang tampil dari bangku cadangan itu menjadi simpul dari kerjasama apik antara Frenkie de Jong yang melepaskan umpan lambung ke sisi kiri penyerangan Belanda yang dihuni Dumfries.

Kemenangan ini bikin Belanda untuk sementara menduduki urutan kedua dalam klasemen Grup B Kualifikasi EURO 2024. Mereka mengoleksi 9 poin dari empat laga, tetinggal 6 poin dari Prancis di urutan teratas yang telah memborong kemenangan dalam lima laga terakhir.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Irlandia berada di urutan keempat klasemen. Mereka baru menang sekali dalam lima laga kualifikasi.

Berikut Hasil Bola Tadi Malam, Kualifikasi EURO 2024, Senin (11/9/2023):

Finlandia 0-1 Denmark

Kepulauan Faroe 0-1 Moldova

Montenegro 2-1 Bulgaria

Albania 2-0 Polandia

Irlandia 1-2 Belanda

Lithuania 1-3 Serbia

San Marino 0-4 Slovenia

Yunani 5-0 Gibraltar

Load More